Perkembangan teknologi pesat tak bisa dihindari di era modern saat ini. Berbagai macam aspek kehidupan terbantu dengan adanya perkembangan teknologi, termasuk salah satunya olahraga populer dunia, sepak bola.

Sebelumnya teknologi dalam sepak bola diterapkan dalam membantu wasit memberikan keputusan terkait gol hantu.

Teknologi garis gawang yang dikenal dengan sebutan Hawk Eye, sudah diterapkan Premier League sejak musim 2013/14, dan memudahkan wasit memberikan keputusan apakah sepakan pesepakbola ke gawang lawan, melewati garis gawang atau tidak.

Setelah cukup sukses dengan teknologi garis gawang. Presiden terpilih FIFA, Gianni Infantino, mengonfirmasi akan adanya uji coba teknologi baru untuk membantu ofisial pertandingan, pada musim 2017/18.

Hal itu diungkapkannya pada pertemuan direksi seluruh persatuan sepak bola dunia di Cardiff, akhir pekan lalu. Infantino menyebut momen itu sebagai sebuah keputusan historis.

Meski belum jelas teknologi apa lagi yang akan digunakan di masa depan. Manajer Arsenal, Arsene Wenger, berharap adanya perkembangan teknologi video untuk membantu wasit memberikan keputusan offside atau tidak. Keputusan yang kerap menjadi hal kontroversial dalam sepak bola.

“Segalanya (keputusan teknologi anyar) bergantung dengan cara mereka melakukannya, dan saya pikir tahap berikutnya untuk offside juga diperlakukan sama persis, seperti teknologi garis gawang,” ujar Wenger diberitakan ​Goal, Selasa (8/3).

“Itu langkah termudah yang harus dilakukan, dan segala ide lainnya bagi saya terlalu prematur. Tapi offside dapat diperlakukan sangat baik, dan dengan cara ilmiah, dan itu seharusnya jadi satu-satunya langkah berikutnya,” pungkasnya.