Thứ Tư, 9 tháng 3, 2016

Sejarah Pertemuan Chelsea dan PSG di Stamford Bridge

​Chelsea akan menjamu PSG untuk keempat kalinya di Stamford Bridge sepanjang sejarah pertemuan kedua tim. Tiga pertemuan sebelumnya tercipta di ajang yang sama, Champions League, diawali pada 2004/05.

Sejauh ini PSG belum pernah memetik kemenangan di London barat, namun sekali berhasil menyingkirkan The Blues di hadapan pendukungnya sendiri lewat pertandingan yang berakhir dengan kedudukan 2-2 setelah perpanjangan waktu.

Berikut adalah ulasan singkat dari tiga pertemuan dua tim ibukota di Eropa.

3. 25 November 2004 (0-0)

Chelsea's Scott Parker (L) and Frank Lam

​Pertempuran Chelsea dan PSG sejatinya tidak baru dimulai pada musim 2013/14 di musim pertama era kedua Jose Mourinho, namun terjadi pada musim pertama di era pertama Mourinho di Chelsea pada 2004/05.

Kedua tim bertemu di fase grup dengan Chelsea meraih kemenangan telak 3-0 terlebih dahulu di Paris. Pada pertemuan kedua di Stamford Bridge tercipta hasil imbang 0-0.

Chelsea yang sudah memastikan langkah ke 16 besar setelah meraih kemenangan di empat sebelumnya mengisitirahatkan beberapa pemain intinya seperti Petr Cech, Paulo Ferreira, dan Claude Makelele. 


Pendekatan pragmatis Jose Mourinmho yang tak terlalu berambisi meraih poin penuh di laga ini membuat Chelsea tidak tampil maksimal. Sepanjang laga hanya tercipta tiga tendangan ke arah gawang PSG. Laga berakhir dengan skor 0-0.

2. 9 April 2014 (2-0)

​Setelah kalah 3-1 di leg pertama perempat final Champions League 2013/14, pasukan Jose Mourinho menjalani misi yang berat untuk membalikan keadaan dan harus menang dengan skor 2-0 atau selisih tiga gol lebih.

Dalam sebuah laga yang berakhir dengan dramatis, The Blues akhirnya sukses merebut tiket ke semifinal dengan kemenangan 2-0. 


Kiper PSG saat itu harus menyelamatkan dua peluang Chelsea yang tercipta dari tendangan bebas Frank Lampard serta sepakan David Luiz berurutan. Namun pada menit ke-32 pertahanan Sirigu akhirnya bobol.


Andre Schurrle yang menggantikan Hazard mampu memanfaatkan tandukan Luiz dengan baik. Sang gelandang melepas tembakan voli yang mengarah ke sudut gawang Sirigu.

Hingga menit 80 The Blues belum berhasil menambah gol dan membuat Mourinho memasukkan Demba Ba dan Fernando Torres. Strategi ini terbayar lunas dengan nama pertama mencetak gol di menit 87. Mourinho pun berlari dari areanya untuk ikut merayakan gol bersama anak buahnya di titik sepak pojok.

1. 12 Maret 2015 (2-2, AET)

​PSG akhirnya sukses membalaskan dendam di tahun 2014 saat menyingkirkan Chelsea di 16 besar 2014/15 meski hanya bermain dengan 10 orang sejak babak pertama. Setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama, Chelsea dan PSG menjalani partai sengit di Stamford Bridge.

Chelsea sebenarnya bisa saja unggul terlebih dahulu saat Diego Costa dijatuhkan di kotak penalti, namun wasit meneruskan permainan. PSG sepertinya harus merelakan kembali kalah dari Chelsea saat mereka kehilangan Zlatan Ibrahimovic di menit 30. Pemain asal Swedia itu dianggap melakukan tekel keras terhadap Oscar dalam perebutan bola. Skor babak pertama berakhir dengan 0-0.

Drama terjadi di 10 menit terakhir laga. Chelsea akhirnya membuka skor lewat sepakan Gary Cahill. Namun, keunggulan tuan rumah tak bertahan lama, empat menit berselang PSG menyamakan skor lewat tandukan keras David Luiz. Laga berlanjut ke babak tambahan.


Mourinho memasang dua striker dengan memasukkan Didier Drogba untuk bertandem dengan Diego Costa. Keuntungan pun didapat Chelsea di menit ke-97. Thiago Silva kedapatan menyentuh bola dengan tangannya saat duel udara melawan Kurt Zouma di kotak terlarang. Eksekusi penalti Eden Hazard pun tak mampu dibendung Salvatore Sirigu.

Namun, Thiago Silva membayar kesalahannya. Kali ini bek asal Brasil itu menyundul dengan sempurna sebuah bola hasil sepak pojok yang diekekusi Thiago Motta untuk membuat skor menjadi sama kuat 2-2. PSG lolos ke perempat final dengan aturan gol tandang.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét