Juan Mata mengungkapkan bahwa kartu merah yang ia terima dalam kekalahan Manchester United 0-1 atas West Bromwich Albion meninggalkan sebuah perasaan yang sangat tak mengenakkan. ​

Mata memang telah diusir oleh wasit untuk pertama kali dalam kariernya selama ini setelah menerima kartu merah kedua hanya dalam tiga menit setelah ia mencoba menghalau tendangan bebas Darren Fletcher dan menjatuhkan mantan pemain Setan Merah tersebut. Meski ia menyebut bertanggung jawab atas aksinya tersebut, ia merasa bahwa wasit Mike Dean seharusnya tak mengusirnya pada menit 26. 

"Hampir 500 pertandingan sebagai seorang pemain profesional, Minggu ini saya telah diusir untuk pertama kalinya di karier saya. Seperti yang bisa Anda bayangkan, tak mudah bagi saya untuk menuliskan kalimat ini," ungkap Mata di blog pribadinya seperti dilansir ​Manchester Evening News. 

"Kenyataannya adalah ini merupakan situasi yang baru dan aneh bagi saya, tak mudah untuk mengatasinya, namun kami belajar dari semuanya. Saya tahu bahwa dalam sepakb ola kami akan melihat hal-hal seperti ini setiap pekannya, namun sebenarnya apa yang paling menyakitkan adalah rekan-rekan satu tim saya harus berjuang dengan 10 pemain untuk waktu yang cukup lama."

"Saya merasa bahwa dua keputusan tersebut tak seharusnya terjadi, karena dalam banyak kesempatan kita akan melihat pelanggaran serius yang takkan dikenai sanksi seperti itu. Namun pada saat bersamaan saya bisa menghindarinya, dan saya bertanggung jawab."