Tak ada angin tak ada badai, tiba-tiba nama Wayne Rooney tidak disertakan Louis van Gaal ke dalam skuat Manchester United untuk melawan FC Midtjylland di 16 besar Europa League. Laga akan berlangsung di markas Midtjylland pada Jumat, 19 Februari 2016 dini hari WIB.

Rooney absen akibat cedera pada ligamen lututnya dan akan menepi selama dua bulan. Cedera sang kapten berpotensi mengurangi kans United untuk finis di empat besar alias zona Champions League, pasalnya kini Setan Merah hanya memiliki Anthony Martial dan Will Keane sebagai penyerang murni di depan.

Van Gaal pun mengungkapkan alasan cedera Rooney. Dan sang manajer menjelaskan bahwa Rooney telah cedera saat United kalah 1-2 dari Sunderland akhir pekan lalu di matchday 26 Premier League. Rooney terus bermain menggunakan penahan rasa sakit dan memaksakan diri bermain.

Karakter Rooney itu sedianya dipuji Van Gaal. Namun sang meneer menilai tindakan itu berbahaya untuk tubuhnya, dan bisa menyebabkan cedera jangka panjang.

“Itu (berjuang) tipikal Wayne. Dia pemain yang ingin bermain hingga akhir, dan jika dia merasa sakit, dia tidak ingin berhenti, terutamanya pada laga yang ingin dimenanginya. Karakternya fantastis, tapi terkadang buruk untuk tubuhnya,” ungkap Van Gaal di ​Manchester Evening, Kamis (18/2).

“Anda tak bisa mengatakannya (Rooney memperparah kondisi tubuhnya sendiri), karena dia tak tahu ketika hal itu (cedera) terjadi. Itu poin tersulitnya,” lanjutnya.

Rooney berpotensi absen di 11 laga United dan Van Gaal menegaskan bahwa timnya bisa menjalani laga-laga tersebut, tanpa kehadiran sang kapten.

“Sulit berkata, tapi dia cedera di laga melawan Sunderland punya masalah lutut. Kami masih harus menunggu dan melihat berapa lama masa pemulihannya. Kami harus menanggung masalah itu, karena semuanya bisa cedera dan kapten juga bisa cedera,” imbuh eks pelatih Timnas Belanda.