Kinerja Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United dipastikan kian bertambah berat setelah timnya kalah 1-2 akhir pekan lalu dari Sunderland. Kekalahan di pekan 26 Premier League itu memperberat langkah Setan Merah ke zona Champions League. Belum selesai membenahi timnya, Van Gaal sudah kembali mendapatkan kabar buruk.

Seperti dilansir ​Daily Mail (17/2). Kapten sekaligus penyerang terbaik United saat ini, Wayne Rooney cedera lutut ligamen dan absen bermain selama dua bulan. Namanya pun sudah tidak disertakan Van Gaal ke dalam skuat untuk melawan FC Midtjylland di 16 besar Europa League, yang berlangsung pada Jumat, 19 Februari 2016 dini hari WIB.

Rooney sedianya belakangan ini tidak dalam kondisi tren mencetak gol. Namun absensi panjangnya itu tentu kian membuat barisan depan tumpul. Pasalnya Manchester Merah kini hanya memiliki Anthony Martial (19 tahun) sebagai penyerang utama, dan pelapisnya pemain muda yang belum pernah bermain di tim senior musim ini, Will Keane.

Selain Rooney yang tidak dibawa Van Gaal ke Denmark. Ada juga nama lainnya seperti Marouane Fellaini dan Matteo Darmian yang cedera saat melawan Sunderland. Sedangkan nama lainnya merupakan pemain yang lama cedera seperti Luke Shaw, Antonio Valencia, Ashley Young, Marcos Rojo, Phil Jones, dan Bastian Schweinsteiger.

Kabar cedera Rooney (30 tahun) bukan hanya kabar buruk bagi fans United, namun juga Timnas Inggris. Ada kans pelatih Tiga Singa, Roy Hodgson tak akan menyertakan namanya jika sang kapten tak berada di kondisi terbaiknya untuk Euro 2016.