Hull City memaksa Arsenal untuk menjalani laga replay atau ulangan putaran kelima FA Cup setelah hanya bermain imbang tanpa gol di Emirates Stadium. Hasil yang mengecewakan bagi skuat Arsene Wenger karena menguasai penguasaan bola hingga mencapai 70 persen.

Wenger memang merotasi skuatnya dengan memainkan Joel Campbell, Danny Welbeck, Alex Iwobi, dan Mohamed Elneny. Namun pemain-pemain tersebut tak mampu menyeimbangkan penguasaan bola yang dimiliki dengan penyelesaian akhir yang sempurna.

Terlepas dari pemain Hull yang bermain bertahan, kiper mereka, Eldin Jakupovic juga tampil prima menghalau gempuran serangan yang datang. Wenger pun memuji performa sang lawan, dan mengeluhkan penyelesaian akhir timnya.

“Hull bertahan baik dan kiper mereka bermain baik. Penyelesaian akhir kami juga tidak cukup bagus, dan kami juga bisa saja memberi keputusan baik di penyelesaian akhir, namun banyak pemain memilih solusi individu (bermain individu),” keluh Wenger di ​laman resmi Arsenal, Minggu (21/2).

“Tentu kiper mereka (Jakupovic) juga tampil baik. Tapi kami punya 70 persen penguasaan bola dan lebih dari 20 tendangan ke gawang dihasilkan, namun tak juga mencetak gol. Kami juga harus instropeksi diri, meski jika Anda memberi kredit kepada kiper mereka,” sambungnya.

Hasil berakhir imbang dan Arsenal akan menjalani laga ulangan di markas The Tigers. Dan setelah laga berakhir awak media setempat menilai Wenger santai menanggapi hasil tersebut, benarkah demikian?

“Saya tidak tenang seperti yang Anda lihat! Jujur (jika) saya grogi atau marah, hal itu tak akan mengubah hasil akhir. Saya mungkin melakukannya jika hasil berubah. Hasil ini tidak direncanakan, tapi dalam sepakbola kerap berjalan tidak sesuai dengan yang diinginkan,” tambah pria asal Prancis.

“Namun setelahnya adalah cara Anda merespon dan bagaimana Anda menemukan solusi dengan apa yang kami hadapi sekarang. Hal itu berarti Anda pergi ke markas Hull, dan lolos ke fase selanjutnya,” pungkasnya.