Chelsea sedianya tampil dominan dan mendominasi permainan kala menjamu Manchester City yang banyak berisikan pemain muda, di putaran V FA Cup yang berlangsung di Stamford Bridge. Namun di babak pertama mereka sempat kesulitan menghadapi determinasi The Citizens, hingga mengakhirinya dengan skor 1-1.

Meski pada akhirnya menang 5-1 dari gol-gol Diego Costa, Willian, Gary Cahill, Eden Hazard, dan Bertrand Traore. Manajer Chelsea, Guus Hiddink, juga sempat merasa was-was karena khawatir timnya lengah bermain melawan City dengan pemain mudanya, hingga berujung hasil yang buruk.

Pria asal Belanda menyebut permainan Branislav Ivanovic dan kawan-kawan di babak kedua, sebagai kunci sukses mengamankan tiket ke perempat final. Di babak itu Chelsea mulai tampil meyakinkan dan efektif mencetak gol.

“Kami tahu kami akan bermain melawan tim dengan beberapa perubahan (pemain), tapi tak selalu mudah bermain ketika pemain muda juga bermain. Pertahanan mereka dihuni pemain berpengalaman, dan pemain muda di lini tengah serta depan. Apalagi mereka memberi ancaman di awal laga, dan baik saat menyamakan kedudukan,” papar Hiddink di ​laman resmi Chelsea, Senin (22/2).

“Anda harus sangat berhati-hati tidak melakukan kesalahan bodoh atau ceroboh atau lengah. Kami ceroboh dengan organisasi kami ketika mereka menyamakan kedudukan, tapi menunjukkan reaksi yang sangat baik di babak kedua. Itu kuncinya, kami tampil baik di babak kedua dan mendapatkan dua-tiga gol cepat,” lanjutnya.

“Ketika tim melakukan pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan yaitu disiplin taktik, bertahan rapih, dan menekan tinggi, maka secara otomatis kualitas akan mengikutinya,” sambung Hiddink.

Kemenangan 5-1 ini juga kemenangan kedua beruntun di Stamford Bridge, setelah akhir pekan lalu menang dengan skor identik di Premier League melawan Newcastle United. Hiddink pun berharap dapat mengangkat kepercayaan diri pemain, terutamanya setelah kalah 1-2 dari Paris Saint-Germain (PSG) di leg pertama 16 besar Champions League.

“Jika Anda menang 5-1 akhir pekan lalu, jika Anda memiliki performa baik dan hasil dari Paris, dan sekarang 5-1 melawan Man City. Tentu saja akan mengangkat kepercayaan diri pemain, senang melihatnya,” urai Hiddink.