Mathieu Flamini kini sepertinya menjadi semakin dekat dengan pintu keluar Emirates Stadium pada musim panas 2016. ​Bintang The Gunners tersebut menjadi sorotan utama menyusul kekalahan memalukan dua gol tanpa balas atas Barcelona di Champions League babak 16 besar leg pertama. 

Sang pemain hanya berada satu menit saja di atas lapangan sebelum akhirnya ia melakukan pelanggaran pada Lionel Messi dan berujung pada penalti untuk Barcelona. Meskipun performanya terbilang sangat buruk, namun pemain asal Prancis tersebut mampu tampil dengan relatif solid pada sepanjang musim ini. 

Namun kini kontrak yang dimiliki oleh Flamini akan segera berakhir pada musim panas 2016, dan ​Express mengklaim bahwa Arsenal masih belum memberikan tawaran kontrak baru padanya. Hal ini membuat Flamini bisa saja hengkang pada musim panas 2016 dengan status bebas transfer. Usia yang telah mencapai 32 tahun dan bergabungnya Mohamed Elneny pada Januari, sepertinya Flamini akan kesulitan untuk mengamankan posisi di skuat utama. 

GNK Dinamo Zagreb v Arsenal FC - UEFA Champions League

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa dua bintang Arsenal yang lain, Mikel Arteta dan Tomas Rosicky akan segera hengkang dari klub asal London Utara tersebut pada akhir musim, dengan kontrak keduanya yang juga akan segera berakhir. 

Manajer Arsenal, Arsene Wenger dikabarkan telah memberikan arahan kepada para pemandu bakat di skuatnya untuk menemukan pengganti yang sepadan untuk ketiga bintang Arsenal tersebut, sekaligus ia ingin memberikan tambahan kekuatan di lini tengah.