Sejak datang pada bursa transfer musim dingin Eropa di Januari 2016 dari Corinthians. Penyerang asal Brasil yang dipinjamkan ke Chelsea, Alexander Pato belum memulai debutnya bersegaram biru-biru.

Penilik nama lengkap Alexander Rodrigues da Silva itu dianggap tidak dalam kondisi bugar menjalani laga kompetitif, karena terakhir bermain di pertandingan kompetitif pada November 2015 saat dipinjamkan Corinthians ke Sao Paulo.

Namun potensi pemilik julukan The Duck (Si Bebek) itu bermain kian terbuka di tengah jadwal padat The Blues saat ini. Setelah menang 2-1 dari Southampton Sabtu, (27/2) di pekan 27 Premier League.

Branislav Ivanovic dan kawan-kawan akan bertandangan ke Carrow Road, markas Norwich City pada pekan 28 Premier League yang berlangsung, Rabu (2/3) dini hari WIB. Manajer interim Chelsea, Guus Hiddink, tentu khawatir dengan kondisi kebugaran pemainnya dan berpotensi besar melakukan rotasi, menghindarkan pemain dari cedera.

Pria asal Belanda akan mengistirahatkan penyerang utama, Diego Costa dan memberi kesempatan Pato bersaing dengan penyerang lainnya, seperti Bertrand Traore dan Loic Remy, yang juga ingin bermain.

“Dia (Pato) tak sabar (bermain) dan kami sekarang punya penyerang-penyerang dengan atmosfer bagus untuk terjadinya persaingan sehat. Diego nomor satu, tapi harus ada pemain lainnya yang muncul. Saya saat ini bahagia dengan Bertrand Traore meski ia masih muda, tapi penyerang lainnya juga ingin bermain,” papar Hiddink di ​Goal, Selasa (1/3).

“Jujur saat ini untuk berkata kepada semuanya, pemain muda lebih unggul ketimbang Pato saat ini karena saya suka kompetisi sehat dan jujur di antara mereka. Tapi dia dan Remy juga ada di posisi untuk berkompetisi. Pato belum siap bermain selama 90 menit, tapi mampu bermain dalam bagian laga dan kami juga mempertimbang pemain muda lainnya,” terangnya.

Lebih lanjut Hiddink meyakini keberadaan Pato akan membantu Chelsea, menyelamatkan musim ini. Dan mengakhiri musim di posisi yang kuat, serta berjuang di FA Cup dan Champions League.

“Kami punya laga-laga ke depan, tapi seperti yang saya katakan sebelumnya, lebih baik memiliki pemain pinjaman dalam situasinya. Dengan cara itu dia bisa bermanfaat bagi kami, dan klub dapat membuat keputusan yang tepat kepadanya di sesi latihan dan juga performanya,” pungkas Hiddink.