Borussia Dortmund disebut akan menjual gelandang andalan mereka, Ilkay Gundugan pada musim panas 2016. ​Hal ini membuat trio Premier League, Arsenal, Liverpool, dan Manchester United langsung memasang siaga penuh karena ketiganya begitu erat dihubungkan dengan kepindahan sang pemain.

Menurut ​Bild, Dortmund memang berkeinginan untuk melepas pemain berusia 25 tahun tersebut setelah tak berhasil mencapai kesepakatan pada kontrak barunya. Jurgen Klopp selaku manajer Arsenal dikabarkan ingin melakukan reuni bersama Gundogan di Anfield Stadium, setelah berhasil memboyongnya pada tahun 2011 ketika masih membesut Borussia Dortmund. 

Sedangkan untuk Arsenal dan Manchester United disebut terus memantau perkembangan sang gelandang sejak musim panas 2015, ketika ia menandatangani kontrak barunya bersama Dortmund. 

Kontrak yang dimiliki oleh Gundogan akan berakhir pada akhir musim ini, namun ia masih terbuka untuk menyetujui perpanjangan kontrak selama satu tahun lagi di Signal Iduna Park. Setelah ia membubuhkan tanda tangannya di kertas kontrak, sang pemain mengungkapkan bahwa dirinya membuka peluang untuk hengkang dari Dortmund demi memperoleh tantangan baru.