Thứ Năm, 25 tháng 2, 2016

8 Hal yang Lebih Tua daripada FC Midtjylland

​Manchester United kalah di partai 32 besar Europa League di tangan FC Midtjylland dari Denmark. Tim itu baru lahir tahun 1999 dan kapasitas stadionnya hanya sekitar 11.800 penonton walau musim lalu juara Superliga.

Sementara Manchester United adalah tim yang sudah ada sejak akhir abad ke-19 (1878). Mereka sudah meraih sangat banyak gelar dan mencetak begitu banyak legenda.

Mari kita lihat apa saja yang lebih tua daripada FC Midtjylland.

8. Orde Reformasi

Reformasi DPR dong

​Era kejatuhan Soeharto dengan rezim yang disebut Orde Baru masih lebih tua dari klub Denmark itu, lebih tua setahun tepatnya. Babak baru politik Indonesia setelah 32 di bawah dominasi militer ​lahir tahun 1998.

Latar belakang pendorong era keterbukaan ini diawali oleh krisis ekonomi di Asia dan insiden yang dikenal sebagai Tragedi Trisakti, yang memicu kerusuhan massa di beberapa kota besar Indonesia.

7. Si Doel Anak Sekolahan

​Si Doel Anak Sekolahan (SDAS) adalah salah satu model sinetron paling awal di era Indonesia modern. Serial ini pertama kali ditayangkan oleh stasiun RCTI pada 1994.

Rano Karno berperan sebagai S Doel, yang menjadi tokoh sentral sinetron ini. Doel berasal dari keluarga Betawi yang tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional walau hidup di tengah-tengah arus perkotaan dan modernisasi.

6. Saint Seiya (Pegasus Fantasy)

​Sebelum film-film anime menjamur di Indonesia, salah satu serial kartun fantasi yang populer tahun 1990-an adalah Saint Seiya. Ceritanya mengambil dongeng mitologi dewa-dewa Yunani dipadukan dengan imajinasi ala kartun Jepang.

Seiya adalah ksatria perunggu bersama beberapa rekannya dan bertugas melindungi Dewi Athena dari ancaman pendekar-pendekar sakti jahat.

5. Walkman

​Kalau Anda tahu alat apa di klip video di atas, masa kecil Anda bahagia.

Jauh sebelum lahirnya iPod, Android, MP3 Players, ada alat pemutar musik populer yang dikenal dengan nama Walkman. Orang yang memakai alat kecil pemutar kaset berpita ini terakhir kali terlihat tahun 1990-an akhir.

4. Gamewatch

Gimbot jadul

​Penunjuk jam yang juga bisa jadi mainan? Wow!

Inilah mainan anak-anak tahun 1980-an. Belum ada tablet atau ponsel pintar. Bahkan ponsel biasa pun masih jarang dan mahal. Salah satu seri pertama yang keluar adalah "Octopus", gurita jahat pemakan penyelam dengan kemampuan menggerakkan tentakel beberapa piksel ke kiri dan ke kanan.

3. Martin Odegaard

Norway U21 v England U21 - International Match

​Martin Odegaard sekarang masih berumur 17, secara hitungan tahun sama persis dengn FC Midtjylland. Namun, Odegaard sekitar dua bulan lebih tua.

Bintang muda yang pernah menghebohkan ini lahir pada 17 Desember 1998, sedangkan Midtylland baru resmi muncul 2 Februari 1999. Masih menang abu si Odegaard, bukan?

2. Tim Juara Champions League 1999

Manchester United 1999

​FC Midtjylland lahir beberapa bulan setelah Manchester United juara UCL tahun 1999. Di sini Sir Alex Ferguson membawa timnya mencapai puncak kejayaan dengan menjadi treble winner.

Aksi-aksi yang ditampilkan pastinya jauh lebih menegangkan dan seru dibandingkan performa menjemukan 17 tahun kemudian. Kebetulan kiper andalan United ketika itu adalah orang Denmark, Peter Schmeichel.

1. Evan Dimas

Evan Dimas Love Indonesia

​Nasibnya di Spanyol belum bisa dipastikan. Evan Dimas masih menjalani ujicoba di Espanyol. Kalau berhasil akan membuat Indonesia punya pemain baru yang berkiprah di liga Eropa.

Pemuda berbakat ini lahir 13 Maret 1995, tiga tahun lebih tua dari tim Denmark itu, namun nasib keduanya tentu saja berbeda.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét