Thứ Năm, 25 tháng 2, 2016

5 Klub yang Belum Pernah Dibobol Messi di Champions League

Saat ini FC Barcelona besutan Luis Enrique mencatatkan rekor gemilang yang melewati rekor pendahulunya kala melewati 33 laga tanpa pernah kalah di seluruh kompetisi.

Harmonisasi dari muka skuat yang sama sejak menang di final Champions League musim lalu, dibarengi dengan motivasi dan rasa lapar gelar serta kesuksesan menjadi penyebab munculnya rekor itu.

Trisula maut Barcelona yang beken dengan julukan MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar) sangat ditakuti seantero Eropa. Ketiganya punya tipikal pemain pembeda yang menentukan hasil akhir pertandingan.

Terutamanya Messi yang sudah bersama Barcelona sejak memulai debutnya pada 17 Oktober 2004 di tim senior. La Pulga total mengoleksi 441 gol dan 200 assist dalam 514 penampilannya bersama Barcelona, 301 gol serta 138 assist di antaranya tercipta di La Liga dari 335 penampilannya.

Statistik yang luar biasa hebat dan sulit ditaklukkan pemain-pemain lainnya di masa depan, apalagi Messi saat ini baru berusia 28 tahun, usia produktif pesepakbola Eropa.

Messi bergelimang kesuksesan, rekor dan trofi bersama Barcelona, tapi hal itu tak menutupi fakta adanya klub-klub yang belum pernah merasakan gawangnya dibobol Messi.

Kapten Timnas Argentina mencetak banyak gol ke hampir seluruh klub yang dihadapinya, namun lima klub ini belum pernah dibobolnya.

5. Juventus

FBL-EUR-C1-JUVENTUS-BARCELONA-FINAL

Bukan rahasia lagi bahwa Messi kesulitan menjebol gawang-gawang klub Inggris ketika bermain tandang ke Negeri Ratu Elizabeth II. Dan hal yang sama berlaku kala ia melawan tim-tim Italia yang kental akan taktik dan budaya catenaccio atau pertahanan gerendel.

Barcelona banyak bertemu Juventus di masa lalu dan Messi belum bermain kala itu. Namun di pertemuan terakhir kedua klub pada final Champions League 2014/15, Barcelona menang 3-1 dari Juventus tanpa adanya nama Messi di papan skor.

Juventus mampu menghentikan magis Messi dari keganasannya mencetak gol. Sebagai gantinya Barca mengirimkan Ivan Rakitic, Luis Suarez, dan Neymar sebagai pencetak gol, sementara di kubu Juventus satu gol mereka dilesakkan oleh Alvaro Morata.

4. Inter Milan

Barcelona's Argentinian forward Lionel M

Empat kali Barcelona bertemu Inter Milan besutan Jose Mourinho di Champions League 2009/10 di fase grup hingga semifinal, dan empat kali juga Mourinho menemukan formula jitu menghentikan Messi.

Bahkan di saat Inter bermain dengan 10 pemain di leg kedua semifinal yang berlangsung di Camp Nou, Messi kesulitan melewati penjagaan ketat Lucio, Walter Samuel, Christian Chivu dan Esteban Cambiasso.

Pada akhirnya Inter memang tengah menggila musim itu karena meraih treble winners bersejarah.

3. Udinese

UEFA Champions League - Barcelona v Udinese

Udinese bermain di Champions League 2005/06 dan satu grup dengan Barcelona besutan Frank Rikjaard. Dan Udinese yang kala itu dibesut Francesco Guidolin bisa dibilang memiliki kualitas bermain di bawah klub-klub besar Italia lainnya seperti Juventus, Inter, dan AC Milan.

Tapi budaya catenaccio yang kental kembali menyulitkan Messi. Ia dikawal ketat Christian Obodo dan Sulley Muntari, Messi muda tak bisa berbuat banyak membobol gawang Morgan de Sanctis. Namun senang karena timnya menang 4-1.

2. Liverpool

Barcelona's Lionel Messi (C) pushes past...

Liverpool asuhan Rafael Benitez bisa membuat Messi frustrasi di dua leg 16 besar Champions League 2006/07. Reds kala itu lolos agresivitas gol tandang dengan kedudukan 2-2.

Dua gol Barcelona di masing-masing laga itu diciptakan Eidur Gudjohnsen dan Deco, sedangkan dua gol Liverpool di Camp Nou dilesakkan Craig Bellamy dan John Arne Riise.

1. Chelsea

Barcelona's Argentinian forward Lionel M

Berbicara pertemuan Chelsea dengan Barcelona di Champions League. Fans The Blues boleh berbesar hati dan bangga karena timnya belum pernah dibobol Messi dalam enam pertemuan terakhir.

Drama dan gol-gol dramatis tercipta, tapi Messi masih belum bisa merobek gawang Chelsea. Dalam enam pertemuan tersebut gawang Chelsea digawangi oleh Petr Cech, dan momen yang paling diingat terjadi di semifinal Champions League 2012 yang mana Messi gagal menaklukkan Cech dari titik putih.

Namun sekarang justru menjadi ironi untuk Cech yang langsung kebobolan dua gol kala berseragam Arsenal musim ini di 16 besar Champions League.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét