Thứ Tư, 24 tháng 2, 2016

5 Alasan Mengapa Manchester United Harus Melepas Europa League

​Pasca kekalahan 1-2 dari wakil Denmark, FC Midtjylland di leg pertama 32 besar Europa League, Manchester United sebenarnya masih bisa membalas kekalahan tersebut di Old Trafford dan lolos ke babak 16 besar.

Namun, mengingat beberapa kondisi United saat ini dan tradisi di Europa League sendiri, kompetisi ini tak seharusnya menjadi prioritas utama Setan Merah lagi. 

Berikut adalah alasan mengapa United harus melepas kompetisi nomor dua antar klub Eropa tersebut.

5. Kompetisi Ini Memungkinkan Laga Tandang yang Jauh

FC Midtjylland v Manchester United - UEFA Europa League Round of 32: First Leg

​Karena Europa League adalah kompetisi nomor dua Eropa, maka banyak dari pesertanya adalah tim dari liga-liga dengan koefisien lebih rendah dan biasanya mereka datang dari Eropa Timur.

Otomatis perjalanan ke Eropa Timur begitu jauh dan melelahkan dan tak bagus untuk kondisi fisik para pemain Manchester United yang juga memiliki target untuk lolos ke empat besar di Premier League.

4. Rangkaian Fase Gugur Europa League Lebih Panjang daripada Champions League

Manchester United Training Session & Press Conference

Tim-tim yang tersingkir dari fase grup Champions League dengan menduduki posisi ketiga di grup masing-masing secara otomatis akan terbuang ke fase gugur Europa League, seperti halnya Manchester United.

Berbeda dengan Champions League yang memulai fase gugur dari babak 16 besar, Europa League memulai fase grup dari babak 32 besar. Artinya, dengan rangkaian pertandingan yang jauh lebih panjang menuju final, dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada kemungkinan United akan bertemu dengan tim-tim Eropa Timur yang jauh dari Inggris, kompetisi ini terlalu melelahkan. 

3. Terlalu Banyak Pemain yang Cedera

Sunderland v Manchester United - Premier League

​Kiper utama Manchester United, David de Gea, mengalami cedera saat melakukan pemanasan pada laga kontra FC Midtjylland di leg pertama 32 besar Europa League. Cederanya De Gea memperpanjang daftar pemain yang masuk ruang perawatan. 

Saat ini ada 13 pemain United yang tidak bisa bermain karena cedera dan dengan tantangan yang harus dihadapi di Europa League, menjalani perjalanan kompetisi yang terlalu melelahkan bukanlah pilihan yang bagus bagi para pemain yang baru saja pulih.

2. Posisi di Premier League Masih di Luar Empat Besar

Manchester United Training Session & Press Conference

​United masih memiliki peluang untuk menembus empat besar Premier League mengingat masih ada 12 laga tersisa dan mereka kini berselisih enam poin dari tim peringkat empat, Manchester City.

Namun, dengan semakin tidak terduganya kekuatan setiap tim di musim 2015/16 yang penuh kejutan ini, sangat baik bagi United jika mereka hanya benar-benar mencurahkan fokus dan energi mereka untuk mengambil tiket Champions League melalui empat besar Premier League daripada dengan menjuarai Europa League yang dihuni tim-tim yang yang mungkin sama sekali tak diketahui kekuatannya oleh Louis van Gaal.

1. Jadwal Laga Europa League Tidak Bersahabat

FC Midtjylland v Manchester United - UEFA Europa League Round of 32: First Leg

​Seperti diketahui, jadwal Europa League dimainkan pada Kamis malam waktu Eropa dan ini bisa sangat mengganggu proses pemulihan mereka menuju laga Premier League di akhir pekan.

Menghitung peluang di masing-masing kompetisi untuk mendapatkan tiket Champions League jelas harus dilakukan Van Gaal dengan jeli. Tapi yang perlu diingat, liga domestik dimainkan dengan sistem kompetisi penuh dan Premier League sendiri masih menyisakan 12 laga, sementara kompetisi Eropa dijalankan dengan dua sistem, kompetisi penuh di fase grup dan sistem gugur di fase berikutnya, yang sekarang sedang berjalan. 

Intinya, satu kekalahan di liga, katakan dengan skor 4-0, tak lantas akan memupuskan peluang United menembus empat besar, tapi satu kekalahan 4-0 di leg pertama Europa League maupun Champions League, bisa memangkas peluang United atau tim mana pun yang menderita kekalahan sebesar itu hingga 95 persen untuk lolos ke babak berikutnya.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét