Thứ Tư, 24 tháng 2, 2016

8 Keputusan Gol yang Diperdebatkan

​Gol ketiga Manchester United ke gawang Shrewsbury Town dicetak oleh Juan Mata, hasil dari tendangan bebas di luar kotak penalti. Namun ada tiga pemain United yang offside di sana.

Tim Louis van Gaal juga menjadi korban gol macam ini ketika melawan FC Midtjylland. Gol aneh itu kabarnya tidak menyalahi aturan dan wasit mengonfirmasinya.

Apakah sah? Tidak sah? Banyak perdebatan berlangsung setelah gol-gol kontroversial berikut ini.

8. Christian Benteke vs AFC Bournemouth (2015)

​Setelah kasus kekalahan memalukan dari Stoke City, Liverpool bangkit dengan menang tipis melawan klub yang baru promosi, AFC Bournemouth. Christian Benteke dianggap sebagai penentu kemenangan timnya.

Namun, banyak yang menduga ada tangan yang bermain di sini. Apakah betul? Hasil tayangan ulang sepertinya tetap sulit untuk menentukannya. Debat panjang mungkin akan menjadi konsekuensinya.

7. Geoff Hurst vs Jerman Barat (1966)

​Satu-satunya gelar juara dunia buat Inggris adalah ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 1996. Di partai final, The Three Lions menang 3-2 melawan Jerman Barat.

Namun, ada ganjalan sejarah soal kemenangan itu. Gol ketiga Inggris memicu perdebatan berkepanjangan. Belum ada teknologi goal line ketika itu. Dari tayangan ulang terlihat bola belum melewati garis gawang.

6. Diego Maradona vs Inggris (1986)

​20 tahun setelah gol kontroversial Inggris yang membuat mereka juara dunia, karma buruk menghampiri mereka.

Di partai perempat final, Diego Maradona menjebol gawang Inggris dengan insiden yang dikenal sebagai "Gol Tangan Tuhan". Argentina akhirnya juara dunia mengalahkan Jerman Barat. Jerman bisa dibilang apes dua kali.

5. Frank Lampard vs Jerman (2010)

​Ini sebetulnya sudah gol atau belum? Pembalasan Jerman atas Inggris untuk kejadian tahun 1966 tampaknya terjadi di sini.

Frank Lampard menembakkan bola dengan keras memantul mistar gawang, namun ditangkap oleh kiper Jerman dan wasit tidak menganggapnya gol. Padahal, dari tayangan ulang terlilhat bahwa bola sudah melewati garis gawang.

4. Thierry Henry vs Irlandia (2009)

​Prancis memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 dengan Irlandia sebagai korbannya. Thierry Henry terlihat menggunakan tangan sebelum memberi assist kepada William Gallas.

Kiper dan para pemain Irlandia memprotes tapi keputusan wasit tetap. Prancis kemudian jadi juru kunci Grup A. Karma tampaknya terbalas sudah.

3. Luis Garcia vs Chelsea (2005)

​Pertemuan semifinal kedua antara Liverpool dengan Chelsea diwarnai gol yang dikenal sebagai gol hantu Luis Garcia. Bola yang ditendangnya sepintas telah melewati garis gawang, namun William Gallas menghalau bola dan tampaknya bola masih belum masuk.

Jadi, apakah masuk atau tidak masuk? Pastinya, Liverpool lolos ke final dan menjadi juara Champions League setelah itu.

2. Tangan Tuhan Messi vs Espanyol (2007)

​Si peraih lima Ballon d'Or ini tidak bisa lepas dari kontroversi menyangkut beberapa gol yang telah dicetaknya. Salah satunya di partai La Liga melawan rival Catalan ini.

Tangan Messi terlihat mendorong bola ke gawang, namun hakim garis dan wasit menganggapnya sah. Sah atau tidak? Sepertinya tidak tapi keputusan sudah diambil.

1. Nani vs Tottenham Hotspur (2010)

​Nani dijatuhkan di kotak penalti Tottenham Hotspur. Tidak ada pelanggaran di sana dan wasit melanjutkan pertandingan. Kiper Huerelho Gomes membiarkan bola di depannya menunggu para pemain Spurs naik.

Nani ragu sebentar lalu menendang bola ke gawang. Apakah sah? Tidak sah? Perdebatan berlangsung cukup lama. Yang pasti gol itu tetap sah karena wasit tidak menghentikan pertandingan.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét