Selama 12 bulan alias setahun Victor Valdes menjalani mimpi buruk bersama Manchester United setelah datang pada Januari 2015 dengan status free transfer. Mantan kiper sukses dan legenda Barcelona itu diperlakukan manajer United, Louis van Gaal dengan kejam dan mengasingkannya dari tim utama Manchester Merah.

Semula berawal dari tur pramusim United di Amerika Serikat. Van Gaal tidak mengikutsertakan Valdes dan meninggalkannya di Inggris dengan alasan ketidakbugaran pemain berusia 34 tahun.

Van Gaal pun kian menjadi setelah tahu kiper Spanyol itu menolak untuk bermain dengan United U21, dan mengasingkannya dari tim. Valdes bahkan tak mendapatkan nomor punggung dan nasibnya kian tak menentu di kota Manchester.

Apalagi Van Gaal terang-terangan menyatakan dengan tegas bahwa pemain yang tidak menuruti filosofi bermainnya, lebih baik hengkang ketimbang bertahan di United.

“Ketika Anda tidak berkeinginan untuk mengikuti prinsip dari filosofi, maka hanya ada satu jalan, dan itu adalah hengkang,” ucap Van Gaal kala itu.

Namun setelah terkatung-katung di United. Valdes mendapatkan titik cerah perihal ketertarikan Standard Liege yang menyelamatkan kariernya, dan menariknya ke Belgia dengan status pemain pinjaman. Kans bermainnya di Euro 2016 bersama Timnas Spanyol pun terbuka kembali.

Hal itu diakui langsung pelatih La Furia Roja, Vicente del Bosque. Pria berusia 65 tahun yang membawa Spanyol juara Piala Dunia Afrika Selatan 2010 dan Euro 2012 itu tak menutup kemungkinan Valdes kembali ke Timnas Spanyol. Apalagi ia cukup berpengalaman karena telah mengemas 20 pertandingan bersama Spanyol.

“Pada saat ini sementara berpikir mengenai Victor, pikiran lebih dari pertanyaan apakan dia bisa kembali ke timnas. Hal pertama yang saya pikirkan adalah dia bisa mulai bermain kembali (setelah sama sekali tak bermain di United),” ujar Del Bosque di ​Manchester Evening, Rabu (27/1).

Del Bosque pun menyerang dan menyindir United yang memperlakukannya dengan ‘sangat luar biasa hebat’. Ia menilai hal yang wajar jika banyak orang ingin menyaksikan Valdes bersaing dengan David de Gea untuk memperebutkan satu tempat di bawah mistar gawang United, namun yang terjadi justru sebaliknya.

“Semua orang dengan sedikit perasaan yang masuk akal ingin melihat Victor bermain, aktif karena apa yang telah terjadi kepadanya (di United) benar-benar luar biasa, nasib sial, padahal dia salah satu kiper hebat. Benar-benar kasusnya sangat tidak beruntung,” imbuh Del Bosque.