Thứ Sáu, 29 tháng 1, 2016

Karier Kiper-Kiper Top Dunia Saat Masih Berusia 16 Tahun

​Gianluigi Donnarumma adalah sebuah anomali bagi catatan karier kiper-kiper kelas dunia. Dalam usia 16 tahun ia sudah menjadi kiper andalan tim sekelas AC Milan.

Mari kita bandingkan Donnarumma dengan kiper-kiper top lain saat mereka berumur 16 tahun. Apa yang mereka capai ketika itu?


Tak hanya berita, tapi semua tentang sepak bola di Aplikasi FTB90. Download di App Store dan Play Store.


7. David De Gea

FBL-ENG-ESP-MAN UTD-SEVILLA

​David de Gea sebetulnya agak mirip dengan Donnarumma. Ia kini baru berumur 25 tahun namun sudah menjadi kiper andalan Manchester United dan sempat diburu Real Madrid.

Pada usia 16 tahun De Gea sudah terlihat punya bakat besar ketika di akademi Atletico Madrid. Ia mendapat kontrak profesional pertama di Segunda Division dengan Atletico B pada usia 17 tahun.

6. Petr Cech

FBL-ENG-PR-SWANSEA-ARSENAL

​Kiper Arsenal yang pernah membela Chelsea ini agak lain sedikit. Petr Cech ketika berumur 16 mungkin masih bermain sebagai seorang penyerang di Victoria Pizen, yang mana ia telah bergabung sejak umur tujuh tahun.

Kontrak pertama sebagai kiper baru didapat saat berusia 17 tahun.

5. Joe Hart

FBL-ENG-PR-WEST HAM-MAN CITY

​Di mana Joe Hart ketika berumur 16 tahun? Di Shrewsbury CC sebagai seorang pemain kriket andalan. Namun ia juga suka bermain sepak bola sebagai kiper.

Enam pekan sebelum menginjak 16 tahun ia sudah menjadi kiper cadangan di divisi Conference. Pada usia 17 tahun Joe Hart baru resmi berubah sebagai kiper profesional bersama Shrewsbury Town.

4. Gianluigi Buffon

FBL-ITA-SERIEA-SAMPDORIA-JUVENTUS

​Walau ada tawaran dari Bologna dan AC Milan, Buffon lebih suka bergabung dengan Parma pada usia 13 tahun. Buffon tadinya mengambil posisi gelandang.

Berkat inspirasi penampilan gemilang Thomas N'Kono (kiper Kamerun) di Piala Dunia 1990, Gigi Buffon akhirnya memutuskan menjadi kiper. Debut Serie A dialaminya saat berumur 17 tahun.

3. Manuel Neuer

1899 Hoffenheim v FC Bayern Muenchen - Bundesliga

Lothar Matuschak, pelatih kiper Schalke, dulu tak menyangka seorang bocah kurus berumur 14 bernama Manuel Neuer punya bakat. Ia masih sibuk berlatih di akademi ketika berumur 16 tahun.

Neuer bahkan hampir dilepas jika bukan karena peringatan Matuschak. Bakatnya baru diakui ketika menjadi kiper muda andalan Schalke pada umur 20 tahun.

2. Victor Valdes

FBL-ESP-LIGA-BARCELONA-MALAGA

​Victor Valdes belum apa-apa ketika berumur 16 tahun. Setelah diterima akademi La Masia saat berumur 10 tahun, keluarga Valdes sempat pindah rumah dan akibatnya ia jadi pindah akademi di Tenerife.

Tiga tahun kemudian Valdes baru kembali dan memulai perjalanan menjadi kiper kenamaan. Bakatnya baru diakui ketika bermain untuk Barcelona C pada umur 18 tahun.

1. Iker Casillas

FBL-EURO-2016-FRIENDLY-ESP-TRAINING

Ketika masih belia Iker Casillas lupa mengirim prediksi pertandingan sepak bola milik ayahnya untuk didaftarkan di bursa betting. Padahal 14 prediksi itu benar semua. Perkiraan kerugian keluarganya mencapai €1,2 juta akibat Casillas.

Tidak masalah karena pada umur 16 tahun Casillas sudah dipanggil menjadi cadangan tim inti di partai Champions League melawan Rosenburg. TIga tahun kemudian (2000), ia menjadi kiper Madrid termuda yang pernah tampil di final Champions League ketika Los Blancos menang 3-0 melawan Valencia.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét