​Striker Chelsea, Diego Costa, kembali mendapatkan sorotan negatif usai mencetak gol kemenangan timnya atas Arsenal dalam Derby London pada pekan ke-23 Premier League, Minggu (24/1). Pemain asal Spanyol itu mencetak satu-satunya gol dalam laga yang dihelat di Emirates pada menit 20.

Gol Costa tercipta tak lama setelah Per Mertesacker diusir keluar oleh wasit Mark Clattenburg karena melanggarnya yang sedang berlari ke arah gawang. Meski terlihat kontak fisik yang minim di antara keduanya, reaksi Costa yang tampak berlebihan membuatnya dinilai berhasil mengelabui wasit.

Mantan ketua klub Arsenal, Peter Hill-Wood, merupakan salah satu pihak yang tak bisa menerima perilaku licik Costa di atas lapangan. Terutama, mengingat pemain yang sama juga menyebabkan The Gunners bermain 10 orang di babak pertama dalam pertemuan di Stamford Bridge dengan memprovokasi Gabriel Paulista.

"Dia (Diego Costa) itu pemain curang berantai dan selalu lolos dengan upaya itu. Saya pikir ia sengaja berlari di depan Mertesacker yang nyaris tak menyentuhnya," kata Hill-Wood dilansir ​Goal.

"Namun, Costa berguling-guling seperti kakinya telah dipotong. Saat kartu merah dikeluarkan, ia tiba-tiba baik-baik saja. Karena tak ada yang salah dengannya. Kemudian tak lama kemudian ia mencetak gol. Harusnya ia dikartu merah karena diving."

​​