​Chelsea berhasil lolos ke babak ke-4 FA Cup setelah menang dengan skor 2-0 atas Scunthorpe United di Stamford Bridge pada Minggu (10/1). Dua gol dari Diego Costa dan Ruben Loftus-Cheek menjadi penentu kemenangan tim tuan rumah.

Detil Pertandingan

Walau Scunthorpe United yang datang ke Stamford Bridge bermain di League One (divisi ketiga sepakbola Inggris), Chelsea menurunkan sebagian besar pemain utama mereka pada pertandingan ini.

Tekanan yang diberikan tim asuhan Guus Hiddink itu terbayarkan pada menit 13, ketika umpan silang dari Branislav Ivanovic berhasil dikonversi mejadi gol oleh Diego Costa, yang mencetak gol keempatnya dalam tiga pertandingan terakhir.

Chelsea v Scunthorpe United - The Emirates FA Cup Third Round

Scunthorpe beberapa kali menciptakan peluang melalui serangan balik dan memanfaatkan kesalahan individual beberapa pemain Chelsea, namun berhasil digagalkan oleh Asmir Begovic dan Kurt Zouma yang tampil gemilang pada babak pertama.

Keunggulan 1-0 untuk Chelsea tidak berubah hingga berakhirnya babak pertama.

Pada babak kedua The Blues terus menekan pertahanan The Iron untuk mencetak gol kedua yang dapat memastikan kelolosan mereka ke tahap berikutnya, Hiddink memasukkan Ruben Loftus-Cheek menggantikan Oscar saat babak kedua dimulai.

FBL-ENG-FACUP-CHELSEA-SCUNTHORPE

Pemain muda Inggris inilah yang mencetak gol kedua penentu kemenangan Chelsea, memanfaatkan umpan dari Cesar Azpilicueta pada menit ke-69. Setelah gol tersebut tekanan dari tim tamu menurun, walau ketegangan sempat terjadi pada menit-menit akhir pertandingan.

Skor 2-0 untuk keunggulan Chelsea bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua dibunyikan.

Susunan Pemain

Chelsea (4-2-3-1): Begovic; Ivanovic, Zouma, Cahill, Azpilicueta; Fabregas, Ramires; Willian, Oscar (Loftus-Cheek 46'), Pedro (Kenedy (72'); Diego Costa (Bertrand Traore 86').

Pemain pengganti tidak dimainkan: Courtois, Baba Rahman, Mikel, Terry.

Kartu kuning: Branislav Ivanovic (66').

Pencetak gol: Diego Costa (13'),  Ruben Loftus-Cheek (69').

Scunthorpe United (4-4-2): Daniels; Mirfin, Clarke, Wallace, Laird; Ness, Bishop, Dawson (Adelakun 79'), Williams (King 79'); Madden, Van Veen (Wootton 81').

Pemain pengganti tidak dimainkan: Anyon, Wiseman, McAllister, Canavan.

Kartu kuning: Stephen Dawson (63').