Manchester United terakhir memenangi gelar FA Cup pada 2004. Selama kurun waktu tersebut hingga musim lalu Setan Merah seringkali tersingkir lebih awal dari tim yang di atas kertas bisa ditaklukkan, atau melawan tim yang juga berasal dari Premier League.

Alhasil United mencoba peruntungannya kembali musim ini dan baru saja memastikan tiket putaran kelima FA Cup usai melewati hadangan klub Championship, Derby County dengan skor 3-1. United menang berkat tiga gol Wayne Rooney, Daley Blind dan Juan Mata, sementara satu gol tuan rumah di IPro diciptakan oleh George Thorne.

Asa yang terjaga untuk menghapus kutukan trofi turnamen tertua dunia itu pun diungkapkan oleh Louis van Gaal. Manajer United menegaskan pentingnya trofi FA Cup bagi skuat United.

“Premier League sangat penting, tapi FA Cup merupakan turnamen terhebat di Inggris dengan sejarah yang sangat panjang dan penting. Kami telah lama tidak memenanginya hingga memimpikannya. Tapi setelah dua kemenangan Anda tak bisa berkata kami akan memenanginya,” papar Van Gaal di ​BBC Sport, Sabtu (30/1).

“Performa kami (melawan Derby) mungkin lebih baik dari yang kami latih. Kami bermain di waktu yang tepat melawan Derby yang ngotot bermain. Kami sempat memberikan mereka gol, tapi di babak pertama saya berkata performa kami baik, pertahankan dan kami akan memenanginya – dan kami melakukannya,” terangnya.