​Masa depan Mathieu Debuchy saat ini sudah semakin mendekati titik terang. Debuchy memang cukup sering dihubungkan dengan beberapa klub setelah jarang mendapat waktu bermain bersama Arsenal musim ini.

Saat ini Debuchy dikabarkan semakin dekat dengan transfer ke Aston Villa sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim 2015/16. Namun menurut laporan ​London Evening Standard, Arsenal akan memasukkan klausul khusus ke dalam kontrak peminjaman mantan pemain Newcastle United itu.

Klausul khusus yang dimasukkan Arsenal ke dalam kontrak peminjaman Mathieu Debuchy adalah klausul pemanggilan kembali yang dapat digunakan tim London Utara tersebut sebelum kontrak peminjaman Debuchy berakhir.

Klausul ini dimasukkan sebagai langkah antisipasi apabila ada pemain bertahan Arsenal yang harus absen karena mengalami cedera atau mendapat larangan bermain akibat akumulasi kartu atau mendapat kartu merah.

Debuchy sendiri sudah pernah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan Arsenal demi menjaga peluangnya untuk masuk ke Tim Nasional Prancis yang akan mengikuti kompetisi UEFA Euro 2016 di negara mereka.

Berposisi sebagai bek kiri dan juga mampu bermain pada posisi bek tengah, peluang Debuchy untuk membantu Aston Villa berusaha menghindarkan diri dari status degradasi ke Championship musim depan.