Thứ Sáu, 29 tháng 1, 2016

9 Pemain Top yang Pernah/Sedang Bermain di Chinese Super League

​Bintang-bintang top dunia kebanyakan berkiprah di liga-liga besar Eropa. Reputasi, kualitas, dan penghasilan besar menjadi magnet bagi para pemain dari seluruh dunia.

Namun, belakangan ini ada fenomena baru di Timur. Liga Tiongkok juga menarik minat sejumlah bintang yang sudah punya nama di Eropa.

Siapa saja mereka?

9. Seydou Keita (Dalian Aerbin)

FBL-ITA-SERIEA-ROMA-EMPOLI

​Keita musim lalu bermain bersama AS Roma dan sempat bertemu Barcelona, mantan klubnya, di Champions League. Itu adalah pengujung kariernya sebagai pemain.

Sebelum ke Roma, Keita pernah bermain di liga Tiongkok bersama Dalian Aerbin setelah empat tahun menjadi pemain FC Barcelona.

8. Asamoah Gyan (Shanghai SIPG)

England v Ghana - International Friendly

​Penyerang Gana berumur 30 tahun ini sebenarnya masih bisa bermain di liga-liga Eropa. Namun Gyan memilih petualangan baru di Negeri Tirai Bambu.

Setelah dua tahun di Sunderland, Gyan pernah dipinjamkan lalu pindah permanen ke klub Uni Emirat Arab, Al Ain. Sekarang ia bermain untuk Shanghai SIPG.

7. Alessandro Diamanti (Tianjin Teda)

US Sassuolo Calcio v ACF Fiorentina - Serie A

​Mantan pemain West Ham United ini sejak tahun 2014 telah menjadi pemain Guangzhou Evergrande. Setelah itu Diamanti Tommasi malah dipinjamkan ke tiga klub Eropa yang berbeda: Fiorentina, Watford, dan sekarang ke Atalanta.

Gelandang serang ini pernah menjadi anggota Timnas Italia dengan total 17 caps.

6. Nicolas Anelka (Shanghai Shenhua)

Spartak Moscow v Chelsea - UEFA Champions League

​Mantan penyerang Paris Saint-Germain, Arsenal, Liverpool, Manchester City, Chelsea, dan beberapa klub lainnya ini pernah juga ikut mencona liga Tiongkok.

Nicolas Anelka pernah setahun bersama Shanghai Shenhua (2012–2013). Sekarang mantan pemain Timnas Prancis ini menjadi manajer/pemain di Mumbai City, di liga India.

5. Fredy Guarín (Shanghai Greenland Shenhua)

FBL-ITA-SERIEA-INTER-PARMA

​Gelandang asal Kolombia ini menjadi salah satu rombongan terbaru dari pemain di liga Eropa yang menyeberang jauh ke Timur. Guarin dilepas Internazionale Milan setelah empat tahun di sana.

Kini pemain berumur 29 tahun ini bermain untuk Shanghai Shenhua. Nilai transfernya masih tinggi, konon sampai €11 juta.

4. Tim Cahill (Shanghai Greenland Shenhua)

FBL-ASIA2015-AUS-UAE

​Mantan pemain andalan Everton ini sekarang menemani Freddy Guarin di Shanghai Greenland Shenhua. Tadinya Tim Cahill sempat berpetualang ke Barat, bermain di MLS bersama New York Red Bulls.

Baru tahun lalu ia pindah ke Shenhua dan telah mencetak 11 gol di tim barunya.

3. Alberto Gilardino (Guangzhou Evergrande)

FBL-WC2014-ITA-BGR

​Sudah banyak trofi besar yang didapatkan Alberto Gilardino. Serie A, Champions League, sampai Piala Dunia 2006. Mantan pemain terbaik Italia 2005 ini rupanya masih mengincar koleksi trofi di benua lain.

Gilardino sempat meraih gelar juara Chinese Super League ketika bermain untuk Guangzhou Evergrande.

2. Gervinho (Hebei China Fortune)

FBL-ITA-SERIA-ROMA-LAZIO

Setelah memberikan kemampuannya kepada Baveren, ​Le Mans, Lille, Arsenal, dan AS Roma, Gervinho ingin mencari peruntungan baru di Tiongkok.

Biaya transfer pemain berumur 28 tahun ini €18 juta dan bisa ada bonus €1 juta tergantung performa di lapangan. Sepertinya Gervinho akan mendapatkan bonus itu.

1. Ramires (Jiangsu Suning)

FBL-ENG-PR-CHELSEA-WIGAN

​Rekor demi rekor terus dipecahkan oleh Chinese Super League. Di bursa musim dingin ini mereka mendatangkan pemain termahal sepanjang sejarah liga Tiongkok.

Ramires dihargai £25 oleh Jiangsu Suning. Setelah tampil 180 kali untuk Chelsea dan mencetak 17 gol, Ramires akhirnya memilih perjalanan ke Timur jauh.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét