Thứ Bảy, 9 tháng 1, 2016

6 Pemain Muda Setan Merah yang Dianggap Hebat Kemudian Menghilang

​Akademi sepak bola Manchester United merupakan salah satu sekolah sepak bola yang dinilai sukses. Terbukti, akademi sepak bola tersebut sempat melahirkan sejumlah pemain bintang dunia.

Para penggemar Setan Merah tentu tidak akan melupakan kesuksesan angkatan 92 yang diperkuat Gary dan Philip Neville, David Beckham, Nicky butt, Paul Scholes hingga Ryan Giggs. Mereka merupakan produk binaan akademi sepak bola Manchester United.

Namun, ada sejumlah pemain muda yang gagal menembus tim utama dan terpaksa angkat koper dari Old Trafford. Berikut ini 6 pemain muda Setan Merah yang sempat dianggap hebat kemudian hilang.

6. Jonathan Spector

Birmingham City v Nottingham Forest - npower Championship

​Dia digadang-gadang sebagai bek masa depan Manchester United dan sempat tampil sangat meyakinkan. Sir Alex Ferguson sepertinya tidak yakin dengan kemampuan pemain asal Amerika Serikat itu. 

Sehingga, Spector sempat dipinjamkan ke beberapa klub. Pada 2006, West Ham United membeli pemain yang saat ini berusia 29 tahun tersebut. Kini ia bermain untuk klub Championship, Birmingham City.

5. Will Keane

International Champions Cup 2014 - AS Roma v Manchester United

​Setelah tampil cemerlang bersama akademi sepak bola Manchester United, Keane pun mendapatkan kesempatan untuk menembus tim utama. Dia melakukan debut saat melawan Blackburn Rovers pada 31 Desember 2011. Sayang pada laga itu, Setan Merah harus kalah dengan skor 3-2.

Tidak mampu menembus tim utama, membuat penyerang berusia 22 tahun itu dipinjamkan ke beberapa tim. Saat ini, Keane dipanggil kembali Van Gaal ke United akibat Setan Merah kekurangan pemain depan.

4. Michael Keane

Manchester United v Real Madris

​Nasibnya hampir sama dengan saudara kembarnya Keane. Setelah lulus dari akademi sepak bola Manchester United, Michael tidak kunjung mendapatkan kesempatan mengenakan kostum Setan Merah di ajang besar.

Pemain berusia 22 tahun itu sempat melalang buana ke sejumlah tim. Pada 2 September 2014, Burnley resmi membelinya dari Manchester United dengan jumlah uang transfer yang tidak diketahui.

3. Federico Macheda

Shanghai Shenhua v Manchester United

​Penyerang asal Italia tersebut sempat disebut penyerang masa depan Manchester United. Macheda menjadi pahlawan ketika Setan Merah menjuarai Premier League musim 2008. Saat itu, penyerang yang akrab disapa Kiko itu membuat sebuah gol krusial ketika membawa Setan Merah mengalahkan Aston Villa.

Namun, Kiko kemudian kesulitan untuk menembus tim utama Setan Merah yang saat itu masih dilatih Sir Alex Ferguson. Dia sempat dipinjamkan ke Sampdoria dan beberapa tim lain sebelum akhirnya direkrut Cardiff City.

2. Nick Powell

MK Dons v Manchester United - Capital One Cup Second Round

​Pemain berusia 21 tahun Nick Powell dibeli Manchester United dari Crewe Alexander saat masih dilatih Sir Alex Ferguson. Saat itu, Ferguson sangat terkesan dengan permainan Powell saat masih memperkuat Crewe Alexander.

Sayang sejak saat itu, Powell hanya mampu bermain sebanyak sembilan kali di semua kompetisi. Setelah itu, pemain asal Inggris dipinjamkan ke Wigan Athletic. Permainannya sempat cemerlang bersama Wigan. 

Pada musim ini, Powell memang sempat mendapatkan kesempatan mengenakan kostum Setan Merah. Namun, dia tidak mampu meyakinkan Louis Van Gaal sehingga selalu duduk manis di bangku cadangan.

1. Adnan Januzaj

Borussia Dortmund v PAOK FC - UEFA Europa League

Seperti halnya Powell, Januzaj merupakan salah seorang pemain jebolan akademi sepakbola Manchester United. Pemain asal Belgia sempat mengorbit ketika Setan Merah dilatih David Moyes. Januzaj selalu menjadi pilihan utama.

Namun, nasib Januzaj berubah setelah Moyes dipecat dan digantikan Van Gaal. Dia tidak mampu bersaing sehingga dipinjamkan ke Borussia Dortmund untuk mendapatkan tim inti. Sayang di Jerman, Januzaj masih sulit mendapatkan kesempatan bermain sehingga akhirnya Van Gaal memutuskan untuk memanggilnya lagi ke Manchester.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét