Chelsea naik peringkat ke posisi delapan klasemen Premier League sementara dengan 39 poin, setelah meraih kemenangan 2-1 di Carrow Road, markas Norwich City pada pekan 28 Premier League.

Kekalahan ini juga menurunkan posisi The Canaries ke peringkat 18 alias zona degradasi dengan 24 poin. Pasalnya di laga lain Sunderland bermain imbang 2-2 dengan Crystal Palace, poin mereka sama, namun Sunderland unggul selisih gol.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Usai meraih kemenangan gemilang 2-1 melawan Southampton di St Mary, Guus Hiddink merotasi skuatnya dan memainkan dua pemain muda akademi klub. Bertrand Traore dan Kenedy terpilih masuk starting line up, menggantikan Abdul Baba Rahman dan Willian.

Tim tuan rumah, Norwich City membutuhkan tambahan poin untuk menjauh dari zona degradasi karena poin mereka sama dengan Newcastle United yang ada di peringkat 18, dengan 24 poin.

Manajer Norwich, Alex Neil coba meredam kualitas menyerang Chelsea dengan menempatkan tiga bek, yakni Timm Klose, Russell Martin, dan Ryan Bennett. Memainkan dua wing back pada diri Ivo Pinto dan Robert Brady.

Namun apapun strategi yang coba diterapkan Neil berantakan saat laga bahkan berlangsung satu menit! Kenedy yang bermain sebagai bek kiri, menusuk hingga ke depan, melewati satu pemain dan melepaskan tembakan yang tidak dapat dihalau John Ruddy. Kenedy mencetak gol mudah, karena tidak dikawal ketat, 1-0 untuk Chelsea.

Laga langsung berjalan terbuka setelahnya. Norwich mau tak mau keluar menyerang untuk mencari gol penyama kedudukan, Cameron Jerome punya peluang menyamakan kedudukan kala coba meraih umpan silang Pinto.

Ia juga yang mengawali serangan balik kala melewati Branislav Ivanovic, namun dua peluang itu belum membuahkan gol hingga 10 menit berlalu.

Berlangsung hingga 20 menit Norwich sempat mengambilalih penguasaan bola dan merepotkan pertahanan Chelsea. Jerome kembali mendapatkan peluang kala menyambut umpan silang rekannya, tapi bola hasil tandukkan kepalanya hanya melebar di atas gawang Thibaut Courtois.

Ketertinggalan itu bak menyengat Norwich karena mereka sejauh ini mampu menghentikan serangan yang coba dibangun Chelsea. Tim tuan rumah memenangi duel perebutan bola di lini tengah, dan menghentikan pergerakan Diego Costa di lini depan.

Neil melakukan pergantian pemain pertamanya pada menit 35, mengganti Alexander Tettey yang cedera dengan gelandang veteran yang malang melintang di Premier League, Gary O’Neil.

Norwich cukup baik merespon ketertinggalan itu dengan permainan yang solid di tiap lini, tapi kekurangan mereka dalam menyelesaikan peluang kembali dibayar mahal tepat di menit 45+1’.

Dari lemparan ke dalam, Traore memberikan umpan kepada Costa yang lepas dari jebakan offside dan menceploskan bola ke gawang Ruddy. Keputusan berani diberikan Lee Mason, karena dalam tayangan ulang Costa terlihat offside. Meski begitu gol itu tetap berlaku, dan Chelsea unggul 2-0 hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Tak ada yang berubah dengan gaya bermain kedua tim di awal laga babak kedua. Norwich menekan, dan Chelsea coba menyakiti mereka dari serangan balik setelah unggul 2-0.

Jerome namun, kembali menyia-nyiakan peluang yang ia dapat. Pada menit 53 dari skema serangan yang dibangun dengan baik, Wesley Hoolahan mengirim bola kepada Martin yang kembali menanduknya ke tengah. Jerome tak terkawal, namun sepakannya justru melebar di atas gawang Courtois.

Pada menit 59 masing-masing melakukan pergantian pemain. HIddink memasukkan John Obi Mikel dan Willian, menggantikan Traore dan Oscar. Mikel akan menjadi gelandang jangkar bersama Nemanja Matic. Dan Fabregas maju sebagai gelandang serang di belakang Costa.

Sedangkan di kubu tuan rumah, Neil melakukan pergantian pemain ofensif memasukkan Dieumerci Mbokani menggantikan Bennett. Norwich kini bermain dengan dua penyerang di depan.

Gol yang ditunggu publik tuan rumah akhirnya tercipta di menit 67. Chelsea lengah dan tidak memberi pressing tinggi kepada pemain Norwich, hingga mereka leluasa memainkan bola dan mencetak gol.

Nathan Redmond menusuk dari lini kedua dan Hoolahan dengan visi bermainnya, melihat pergerakan Redmond dan memberikannya bola. Tak ada yang mengawalnya, Redmond dengan keras mengoyak gawang Courtois. 1-2 Norwich memperkecil ketertinggalan.

Semenit berselang Hiddink memasukkan Rahman menggantikan Kenedy. Zona kiri pertahanan Chelsea, jadi zona yang mudah diekspos pemain Norwich, hingga Hiddink mengganti Kenedy yang beroperasi sebagai bek kiri.

Determinasi pemain Norwich untuk menjauh dari zona degradasi dengan meraih poin, terlihat kala tiga pemain Norwich bertabrakan kala merebut bola udara di menit 78. Robert Brady dan O’Neil sampai berdarah akibat benturan yang terjadi, untuk mencegah serangan balik Chelsea.

Lima menit tambahan waktu diberikan ofisial pertandingan di laga ini. Namun tak ada lagi gol yang tercipta dari masing-masing tim, Chelsea meraih kemenangan 2-1 di Carrow Road.

Susunan Pemain

Norwich City: John Ruddy; Robert Brady, Timm Klose, Russell Martin, Ryan Bennett (Dieumerci Mbokani 59’), Ivo Pinto; Wesley Hoolahan, Alexander Tettey (Gary O’Neil 35’), Jonathan Howson, Nathan Redmond; Cameron Jerome

Chelsea: Thibaut Courtois; Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, Branislav Ivanovic, Kenedy (Abdul Baba Rahman 68’); Cesc Fabregas, Nemanja Matic, Bertrand Traore (Willian 59’), Oscar (John Obi Mikel 59’), Eden Hazard; Diego Costa