Kumpulan suporter klub-klub Inggris Premier League sempat melakukan aksi protes kepada manajemen klub, karena kecewa dengan harga tiket yang kelewat tinggi, yang dipatok manajemen. Terutama harga tiket pertandingan di laga tandang.

Guna mengatasi hal tersebut. Klub-klub Premier League menemui kata sepakat untuk membatasi harga tiket tandang selama tiga musim ke depan, yang dipatok di harga 30 poundsterling atau setara dengan Rp561 ribu di tiap laganya.

Keputusan itu merupakan kata sepakat yang tercapai Rabu (waktu Inggris) dan telah disetujui secara sepihak sejak Februari 2016. Klub-klub Premier League bertindak cepat dalam menanggapi keinginan fans, yang jadi bagian tak terpisahkan dalam sepak bola.

Hal itu terbukti dengan rekor kedatangan suporter rata-rata yang mencapai 96,2 persen musim ini. Pembatasan harga tiket laga tandang ini juga menggantikan inisiatif yang sebelumnya dilakukan suporter tandang, dengan paket perjalanan dan tiket hasil subsidi yang diberikan klub pada 2013.

Keputusan anyar yang mulai berlaku musim depan hingga musim 2018/19 langsung disambut positif perwakilan federasi suporter sepak bola, Michael Brunskill.

“Setiap klub Premier League mematok harga tiket lebih dari 30 poundsterling untuk kategori A di laga tandang, jadi jika Anda mengikuti salah satu tim yang masuk kategori itu, Anda dijamin menabung uang. Kategori B dan C ada sedikit variasi, tapi lagi, saya pikir kebanyakan fans ingin berhemat,” papar Brunskill diberitakan ​Sky Sports, Rabu (9/3).

“Semoga saja hal ini akan membantu kenyamanan suporter tandang menghidupkan atmosfir dan menjadi suporter sejati di tiap laga Premier League – itu pada akhirnya yang diinginkan semua orang,” lanjutnya.

Salah satu perwakilan klub juga berbicara mengenai pembatasan harga tiket tandang ini. Chief Executive Arsenal, Ivan Gazidis, sepenuhnya mendukung kebijakan itu.

“Kami punya suporter di markas dan tandang yang fantastis. Kami tahu mengikuti sebuah klub adalah komitmen, dan selalu mencoba mencari keseimbangan tepat di finansial kami,” imbuh Gazidis.

Arsenal telah membekukan tiket musiman untuk musim depan, dan menawarkan suporter diskon harga 4 poundsterling untuk tiket laga tandang, hingga harga maksimum menjadi 26 poundsterling.

“Dengan langkah-langkah ini, kami akan memiliki patokan harga tiket musiman untuk sembilan-12 tahun ke depan sejak kepindahan kami ke Emirates Stadium hingga 2018. Harga ini juga diberikan untuk memudahkan fans laga tandang, yang seringkali membayar harga tinggi tiket tandang ketika menyaksikan Arsenal bermain,” urai Gazidis.