​Jose Mourinho sempat meramaikan rumor tentang calon pengganti Louis van Gaal setelah kontrak manajer asal Belanda itu selesai akhir musim ini, selain kemungkinan dipecat. Namun, sekarang angin tak lagi bertiup mendukung Mou. Manchester United menurut ​Mirror enggan menunjuk manajer asal Portugis itu sebagai pengganti Van Gaal, sebab tidak banyak mempromosikan pemain muda dari akademi.

Walau belum mampu memberi gelar apapun, Van Gaal menjalankan salah satu filosofi klub yang utama, yaitu mengangkat bintang baru hasil didikan sendiri. Hal yang sama tak bisa diharapkan dari The Special One.

Secara tersirat Mirror Sport menilai mantan manajer Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid itu membatalkan niat ke Old Trafford. Rencana semula tetap berjalan, yaitu bahwa Ryan Giggs pada akhirnya akan menggantikan Van Gaal.

Pesan tersirat itu datang dari salah satu wawancara terbaru Louis van Gaal. Ia antara lain mengatakan, “Kami berdiskusi soal pemain muda dalam wawancara (sebelum direkrut). Ada dua pembicaraan. Pertama, dengan Ed Woodward dan kedua dengan para pemilik."

Van Gaal mengungkap bahwa rekam jejaknya dalam memberikan kesempaan kepada pemain muda menjadi faktor penentu yang membuatnya terpilih sebagai pengganti David Moyes pasca Piala Dunia 2014.

"Mereka menjelaskan tentang kultur Manchester United dan kenapa mereka menginginkan saya. Salah satu alasannya karena saya memberi kesempatan kepada pemain muda, seperti yang Anda lihat sekarang."

United bangga dengan tradisi pengembangan bintang muda itu. Mereka selalu diperkuat pemain didikan sendiri dalam tiap pertandingan sejak Oktober 1937.

Marcus Rashford adalah salah satu bukti paling gemilang bagaimana bintang muda mulai diorbitkan. Penyerang berumur 18 tahun itu mencetak empat gol dalam dua debut di dua ajang yang berbeda.

Hal semacam itu tak banyak terlihat di Chelsea atau tim-tim lain yang pernah ditangani Mourinho. Maka, ada kekhawatiran bahwa pemain akademi seperti Rashford, Jesse Lingard, Cameron Borthwick-Jackson, Paddy McNair, atau yang lain tak akan mendapat kesempatan yang sama jika Mourinho yang pegang kendali.

Satu jawaban Van Gaal yang mungkin membuat bos-bos United ketika itu yakin dengan LvG adalah jawaban ini:

"Ketika menjadikan saya seorang manajer, Anda akan punya banyak kesempatan (melihat pemain muda menjalani debut).”