Arsenal tampil beringas dalam laga ulangan FA Cup menghadapi Hull City di KC Stadium pada Rabu (9/3) dini hari WIB. ​The Gunners sukses membantai tim tuan rumah dengan skor empat gol tanpa balas, yang sukses meloloskan Arsenal ke babak perempat final FA Cup. Olivier Giroud dan Theo Walcott menjadi bintang kemenangan timnya kali ini, dengan masing-masing menyumbangkan dua gol. 

Detil pertandingan

Bermain tanpa beberapa pemain andalan seperti Petr Cech yang menjalani cedera, Mesut Ozil dan Alexis Sanchez justru memulai laga ini sebagai pemain pengganti, namun Arsenal tetap berusaha keras mendobrak lini pertahanan lawan sejak menit pertama. 

Arsene Wenger dipaksa untuk melakukan sebuah pergantian pemain di menit 33 dengan menarik Per Mertesacker yang sempat mengalami benturan pada kepalanya dengan Nick Powell. Wenger lantas memasukkan Nacho Monreal sebagai penggantinya. 

The Gunners pada akhirnya baru mampu membuka keunggulan hanya empat menit sebelum babak pertama berakhir. Sebuah kesalahan yang dilakukan oleh Meyler ketika menyodorkan umpan berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh Giroud untuk merobek gawang Hull City. Babak pertama pun diakhiri dengan kedudukan 1-0 untuk Arsenal. 

Hull City v Arsenal - The Emirates FA Cup Fifth Round Replay

Setelah turun minum, skema permainan tim tamu tetap tidak mengalami perubahan dengan terus menerus menguasai jalannya pertandingan. Namun Arsenal harus mendapatkan cedera lain dalam laga ini usai Gabriel tak mampu melanjutkan pertandingan karena cedera otot di kakinya, dan Aaron Ramsey diturunkan untuk menggantikannya di menit 56. 

Hanya sembilan menit setelah bermain, Ramsey langsung melakukan sebuah kesalahan fatal yang bisa saja berakhir kepada gol penyama kedudukan bagi tim tuan rumah. Ia salah dalam mengantisipasi umpan silang dari Elneny, dan beruntung bola masih melebar dari gawang Ospina. 

Gol yang dinanti-nantikan pada akhirnya tercipta di menit 71 bagi Arsenal, dengan Olivier Giroud yang sukses menciptakan gol keduanya setelah meneruskan umpan dari Walcott yang sempat coba dihalau oleh Maguire. Walcott juga tak ingin ketinggalan dalam mencatatkan namanya di papan skor hanya dalam empat menit berselang, ketika ia mencoba untuk meneruskan umpan brilian dari Joel Campbell. 

Jelang akhir pertandingan tepatnya pada menit 88, Walcott sukses memastikan kemenangan timnya menjadi empat gol tanpa balas melalui tendangan kerasnya ketika meneruskan operan Iwobi. Hasil tersebut membuat Arsenal memutus rentetan hasil buruknya dalam lima laga terakhir ketika mereka tak mampu memetik satu kemenangan pun di seluruh kompetisi. 

Susunan pemain

Hull City: Jakupovic, Bruce, Maguire, Davies, Odubajo, Elmohamady, Meyler, Huddlestone, Diame, Powell, Diomande.

Arsenal: David Ospina, Calum Chambers, Per Mertesacker, Gabriel, Kieran Gibbs, Mathieu Flamini, Mohamed Elneny, Theo Walcott, Iwobi, Campbell, Olivier Giroud.