Chelsea untuk kedua kalinya beruntun di Champions League gagal melewati hadangan klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Kali ini Blues harus mengakui keunggulan PSG yang menang 2-1 di leg kedua 16 besar Champions League yang berlangsung di Stamford Bridge, PSG lolos dengan agregat gol 4-2.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Chelsea membutuhkan kemenangan 1-0 untuk lolos ke fase berikutnya, setelah kalah 1-2 di leg pertama melawan PSG di Paris. Manajer interim Chelsea, Guus Hiddink, menurunkan pasukan terbaiknya seperti Diego Costa, Pedro Rodriguez, Cesc Fabregas, Willian, dan Eden Hazard.

Ia juga memainkan bek muda asal Brasil, Kenedy, sebagai bek kiri tim ketimbang Abdul Baba Rahman atau Cesar Azpilicueta, yang bermain di posisi aslinya sebagai bek kanan.

Modal rentetan laga tak pernah kalah Chelsea di bawah arahan Hiddink pada ajang Premier League, dijadikan landasan serta motivasi kuat untuk membalikkan agregat gol di Stamford Bridge.

Sementara di kubu tim tamu, Pelatih PSG, Laurent Blanc isinyalir akan bermain dengan serangan balik cepat dengan keunggulan agregat gol tersebut. Ia memiliki Angel di Maria, dan Lucas Moura yang memiliki kecepatan untuk menjalankan strategi itu.

Laga sudah berlangsung sengit dengan tempo tinggi di 10 menit pertama. Kedua tim sama-sama memiliki peluang, Chelsea dari sepakan keras Costa yang ditepis kiper PSG, Kevin Trapp. Dan PSG yang mengancam dari pergerakan lincah Di Maria.

Bencana pun muncul untuk tim tuan rumah pada menit 15. PSG menambah keunggulan agregat gol mereka dengan gol yang dilesakkan Adrien Rabiot, kala menerima umpan mendatar Zlatan Ibrahimovic yang lepas dari jebakan offside. 1-0 PSG unggul, dan agregat gol kini menjadi 3-1.

Chelsea gencar melakukan serangan setelah tertinggal 0-1. Namun serangan yang mereka bangun terkesan terburu-buru dan dengan mudah dimentahkan pemain PSG, yang nyaman bermain dengan keunggulan tersebut.

Tekanan konstan yang dilakukan para pemain Chelsea baru berbuah hasil di menit 26. Pedro merebut bola dari penguasaan pemain PSG, bermain satu dua dengan Willian yang memberikan bola kepada Costa.

Sang penyerang mengubah arah bola mengecoh Thiago Silva, dan mencetak gol ke gawang Trapp. 1-1 Chelsea menyamakan kedudukan, dan agregat berubah 2-3.

Pertandingan berlangsung ketat hingga memasuki menit 36. Baik Chelsea atau PSG sama-sama menciptakan peluangnya masing-masing untuk mencetak gol. Chelsea saat ini ada di atas angin karena momentum gol penyama kedudukan yang dicetak Costa.

Namun PSG sama mengancamnya via serangan balik, di mana Moura jadi ancaman konstan pertahanan Chelsea dengan kecepatannya saat berlari menjemput bola atau menerima through ball. Ia jadi kekuatan PSG yang harus diwaspadai Gary Cahill dan Branislav Ivanovic.

Eks pemain PSG, David Beckham, tampak terlihat di tribun Stamford Bridge menyaksikan laga ini. Kamera televisi memperlihatkan sosoknya jelang turun minum, di mana skor 1-1 bertahan hingga habis babak pertama

Babak Kedua

Tempo pertandingan terjaga seperti halnya di babak pertama, pada awal babak kedua ini. PSG coba mendikte permainan dengan penguasaan bola di lini tengah, yang ditempati Blaise Matuidi, Rabiot, dan Thiago Motta. Skor masih 1-1 hingga menit 55.

Kabar buruk untuk fans Chelsea. Costa yang tengah daun dan mencetak gol penyama kedudukan, terpaksa ditarik keluar Hiddink pada menit 60 akibat cedera. Ia digantikan oleh striker muda asal Burkina Faso, Bertrand Traore.

Trapp melakukan dua penyelamatan gemilang pada menit 64. Aksi individu Willian yang berakhir dengan sepakan kencang, ditepis kiper asal Jerman itu. Begitu juga Trapp dengan sigap bangun, dan menepis bola rebound yang disambar Hazard.

Dua menit berselang dari momen tersebut. PSG kembali berbalik unggul kala Motta memberikan bola kepada Di Maria, tidak offside, eks winger Manchester United mengirim umpan ke dalam kotak penalti yang disambar Ibrahimovic dan bersarang di gawang Thibaut Courtois. PSG unggul 2-1, dan agregat gol kini menjadi 4-2.

Berlangsung hingga menit 77, pergantian pemain kembali dilakukan kedua tim. Hiddink memasukkan Oscar menggantikan Hazard, yang tidak berkembang dalam permainannya. Sedangkan Blanc memasukkan Javier Pastore, menggantikan Moura yang jadi ancaman pertahanan Chelsea di babak pertama.

Blanc juga mengganti Di Maria dengan pencetak gol kemenangan di Paris, Edinson Cavani pada menit 82. Dua tambahan tenaga segar pemain PSG, untuk menggantikan Di Maria dan Moura yang bekerja keras sejak babak pertama.

Segala upaya Chelsea dalam mengejar ketertinggalan tak kunjung membuahkan hasil kembali hingga pertandingan berakhir. PSG melaju ke perempat final dengan total agregat gol 4-2, setelah menang 2-1 di Stamford Bridge.


Susunan Pemain

Chelsea: Thibaut Courtois; Kenedy, Branislav Ivanovic, Gary Cahill, Cesar Azpilicueta; Cesc Fabregas, John Obi Mikel, Eden Hazard (Oscar 77’), Willian, Pedro Rodriguez; Diego Costa (Bertrand Traore 60’)

Pelatih: Guus Hiddink

Paris Saint-Germain: Kevin Trapp; Marquinhos, Thiago Silva, David Luiz, Maxwell; Adrien Rabiot, Thiago Motta, Blaise Matuidi (Gregory van der Wiel 87’); Angel di Maria (Edinson Cavani 82’), Zlatan Ibrahimovic, Lucas Moura (Javier Pastore 77’)

Pelatih: Laurent Blanc