Thứ Ba, 8 tháng 3, 2016

7 Pemain dengan Catatan Penalti Terburuk

​Tugas mengambil tendangan penalti adalah beban yang sangat berat. Bukan karena soal tekniknya. Kesuksesan penalti lebih banyak karena faktor mental ketimbang aspek teknis.

Bahkan bintang sekelas Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo pernah gagal melakukan penalti. Beberapa pemain yang tampaknya lebih banyak apes  ketika berduel satu lawan satu dengan kiper.

Siapa saja penembak penalti terburuk? Mari kita lihat catatan-catatan mereka.

7. Gabriel Batistuta (72%)

Roma v Fiorentina X

Gabriel Batistuta pernah menjadi salah satu salah satu striker terbaik Fiorentina dan Argentina. Pemain legendaris yang juga pernah membela AS Roma ini ternyata punya catatan sangat buruk soal penalti.

Dari 25 kesempatan sepanjang karier, Bati gagal tujuh di antaranya. Artinya, presentasi konversi gol hanya 72% saja.

6. Michael Owen (70%)

Newcastle United v Middlesbrough - Premier League

​Konversi gol dari tendangan penalti mantan bintang Liverpool, Real Madrid, Manchester United, Newcastle United, dan beberapa klub lain ini cukup baguslah.

Angka 70% diraihnya hasil dari 20 kesempatan. 14 di antaranya berbuah gol. Tidak terlalu buruk jika tak ada pilihan yang lebih baik.

5. Wayne Rooney (69%)

Stoke City v Manchester United - Premier League

​Louis van Gaal mungkin perlu mencari pemain yang punya konversi penalti lebih baik dari kapten Manchester United ini. Rooney memang masih masih cukup baik jika dibandingkan beberapa pemain lainya.

Namun, dari 26 kesempatan berduel dengan kiper, Rooney hanya sukses 18 kali. Apakah Anthony Martial bakal lebih baik?

4. Jermain Defoe (65%)

Liverpool v Sunderland - Premier League

​Mantan bintang Tottenham Hotspur yang sekarang membela Sunderland ini masih bisa memberikan kontribusi gol cukup banyak. Penyerang berumur 33 tahun ini telah beberapa kali menjadi penentu perolehan poin klubnya.

Untuk penalti mungkin Sam Allardyce perlu menunjuk pemain lain. Soalnya dari 26 kesempatan, Defoe pernah gagal sembilan kali.

3. Ashley Young (62,5%)

Manchester City v Manchester United - Premier League

​Pemain Manchester United berumur 30 tahun ini mungkin tak akan banyak mendapat kesempatan penalti lagi di sisa kariernya. Ada delapan kesempatan sudah ia lakoni.

Tiga di antaranya berakhir dengan kegagalan. Maka, konversi gol dari penalti untuk Young hanya 62,5%. Terkecuali mungkin jika ada adu penalti dan telah menjalani latihan khusus.

2. Kevin Phillips (61%)

Manchester City v Southampton

​Mantan penyerang andalan Sunderland dan beberapa klub lainnya ini tipikal pemain Inggris. Ia tak terlalu cocok dijadikan pengambil penalti. Sepanjang kariernya Phillips telah mencetak 271 gol.

Namun, untuk penalti, dari 18 kesempatan, hanya 11 yang sukses. Konversinya 61%. Mungkin tak terlalu buruk jika kesempatanya lebih banyak.

1. Steed Malbranque (60%)

Fulham v Wigan Athletic

​Mantan gelandang tengah andalan Fulham ini tak banyak mendapat kesempatan mengambil penalti. Mungkin karena memang konversinya tidak terlalu besar.

Malbrangue pernah mendapat 10 penalti namun hanya enam yang berhasil masuk ke gawang. Rekor ini membuatnya hanya meraih konversi sebanyak 60% saja.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét