Manchester United sukses mencuri tiga poin penuh dalam kunjungannya ke Greenhous Meadow untuk menghadapi Shrewsbury Town dalam FA Cup putaran kelima pada Selasa (23/2) dini hari WIB. ​Tidak tanggung-tanggung, Setan Merah mampu menenggelamkan tim tuan rumah dengan skor akhir tiga gol tanpa balas, dan membuat mereka langsung lolos ke babak perempatfinal untuk menghadapi West Ham. 

Detil pertandingan

Sejak menit pertama laga berjalan, Manchester United langsung bermain dengan sangat dominan. Mereka melakukan sejumlah umpan pendek, sedangkan Shrewsbury tetap mempertahankan rapatnya lini pertahanan mereka dan kondisi ini berahan sampai dengan 10 menit yang pertama. 

Tidak lama berselang, Memphis Depay sukses mengkreasikan sebuah kesempatan emas. Pemain berdarah Belanda tersebut mendapatkan bola dari dalam kotak terlarang lawan, kemudian mencoba melesakkan tendangan keras. Namun sayangnya kiper lawan dengan sigap mampu menghalau tembakannya. 

Manchester United akhirnya mampu memecahkan kebuntuannya tepat pada menit 37. Morgan Schneiderlin berhasil menyontek bola pada arah Chris Smalling, dan sang pemain bertahan sukses mengecoh Leutwiler untuk membobol gawang tim tuan rumah. 1-0 untuk keunggulan Manchester United. 

Tepat sebelum laga memasuki jeda pertandingan, Juan Mata sukses menggandakan keunggulan mereka. Gelandang asal Spanyol tersebut mampu melengkungkan bola melalui sebuah eksekusi bola mati, dan membuat Leutwiler sekali lagi harus menyaksikan gawangnya dibobol oleh Setan Merah. Paruh pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk Manchester United. 

FBL-ENG-FACUP-SHREWSBURY-MAN UTD

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah mulai bermain dengan lebih terbuka. Mereka mencoba untuk menekan pertahanan Manchester United, dan beberapa kali berhasil merebut bola. Perubahan tersebut tentu saja memberikan efek yang buruk, seiring lini pertahanan mereka juga memberikan celah yang lebih besar. 

Martial hampir sukses memaksimalkan celah tersebut pada menit 56, ketika ia menyambut umpan dari Juan Mata di kotak terlarang lawan. Namun tendangan yang ia lesakkan masih melebar dari gawang lawan. 

Lima menit berselang, Setan Merah sukses mencetak gol ketiganya dalam laga ini. Ander Herrera berhasil menerima lemparan dari Sergio Romero, kemudian memberikan bola kepada Juan Mata yang langsung mengembalikannya kepada Herrera yang langsung memberikan sebuah umpan silang. Jesse Lingard yang berlari langsung menyambutnya dengan tendangan yang membobol gawang lawan. 

Meski Setan Merah terus mampu mempertahankan dominasinya hingga laga berakhir, namun tidak ada tambahan gol lagi dari kedua kubu. Pertandingan berakhir dengan skor tiga gol tanpa balas untuk Manchester United. 

Susunan Pemain

Shrewsbury: Leutwiler; Grandison, Whitbread, Grimmer, Knight-Percival; Black, Whalley, Brown, Ogogo; Akpro, Mangan

Man United: Sergio Romero; Varela, Chris Smalling, Daley Blind, Borthwick-Jackson; Morgan Schneiderlin, Herrera; Memphis Depay, Juan Mata, Jesse Lingard; Anthony Martial