Liverpool sukses melangkah ke babak 16 besar Europa League berkat kemenangan tipis 1-0 menghadapi FC Augsburg di Anfield Stadium pada Jumat (26/2) dini hari WIB. ​Gol semata wayang Liverpool di laga ini berhasil diciptakan oleh James Milner di menit-menit awal, dan membuat The Reds lolos dengan agregat 1-0. 

Detil Pertandingan

Dengan skor imbang tanpa gol yang menjadi hasil pada laga leg pertama, Liverpool langsung berusaha tampil dengan lebih ganas. Bahkan The Reds langsung mampu membuka keunggulan mereka pada menit kelima berkat eksekusi penalti yang dilakukan oleh James Milner. Penalti tersebut ia peroleh usai sebelumnya wasit menganggap bola mengenai tangan Dominik Kohr di dalam area terlarang Augsburg. 

Keunggulan tersebut membuat para pemain besutan Jurgen Klopp menjadi jauh lebih nyaman dalam memainkan taktik mereka. Hal tersebut terlihat pada 15 menit pertama, Liverpool sangat dominan di dalam melancarkan berbagai tekanan, walaupun sesekali mereka juga menerima serangan balik dari tim tamu. 

Ketika laga menginjak menit 22, Liverpool hampir berhasil menggandakan keunggulannya. Philippe Coutinho yang menerima sebuah operan dari Sturridge langsung melepaskan sebuah tembakan, namun tendangan jarak dekat tersebut berhasil dihalau oleh kiper lawan. 

Augsburg nyaris menyamakan kedudukan ketika laga berjalan 36 menit di mana Lucas Leiva melakukan kecerobohan dalam umpan back pass yang ia lakukan. Bola tersebut direbut oleh Caiuby dan berhasil mengecoh Mignolet, dan beruntung untuk Liverpool karena tendangan sang pemain masih melebar. Kedudukan 1-0 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum.

Liverpool v FC Augsburg - UEFA Europa League Round of 32: Second Leg

Liverpool langsung mengkreasikan sejumlah peluang ketika pertandingan baru memasuki babak kedua, bahkan mereka hampir menciptakan gol pada menit 49. Bermula dari blunder bek lawan, Sturridge yang berada di posisi bebas pada kotak terlarang lawan mempunyai ruang untuk melesakkan tendangan dengan kaki kanannya. Namun bola masih melebar. 

Mignolet berhasil melakukan sebuah keputusan yang sangat krusial ketika ia meninggalkan posnya di menit 70 untuk menghalau Tobias Werner dalam membobol gawangnya. Tak ingin kecolongan, The Reds mempertahankan ritme dan tempo permainannya dengan mengurung Augsburg di sepertiga akhir lapangan. 

Augsburg hampir berhasil menyamakan kedudukan pada menit 87, ketika Caiuby memberi umpan dari sisi kiri. Tetapi sayangnya Esswein tak mampu memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik ketika ia menerima bola dari Caiuby. Hingga laga berakhir, kedudukan tetap tak berubah dan berakhir dengan kemenangan Liverpool 1-0.

Susunan Pemain:

Liverpool: Simon Mignolet; Nathaniel Clyne, Lucas Leiva, Mamadou Sakho, Alberto Moreno; James Milner, Emre Can, Jordan Henderson; Roberto Firmino, Philippe Coutinho, Daniel Sturridge.

Augsburg: Hitz; Verhaegh, Janker, Klavan, Stafylidis; Kohr; Esswein, Koo, Altintop, Werner; Caiuby.