​Jelang laga Arsenal kontra Barcelona di leg pertama babak 16 besar Champions League, Rabu (24/2), manajer Arsenal Arsene Wenger meminta anak buahnya untuk mewaspadai serangan Barcelona dan tidak membiarkan gawang Petr Cech kebobolan. 

Wenger rupanya khawatir dengan sistem gol tandang yang berlaku di ajang Champions League. Berkaca dari pengalaman, dalam beberapa tahun terakhir The Gunners kerap dirugikan oleh regulasi itu. Wenger pun memperingatkan agar timnya tidak terjerumus karena aturan tersebut.

"Kami selalu kesulitan dalam beberapa tahun belakangan, karena kebobolan di kandang. Aturan kompetisi Eropa di era modern membuat tim tuan rumah berpikir bertahan pada laga kandang dan menyerang ketika tandang," kata Wenger dikutip ​ESPN.

Tetapi, Wenger juga membantah jika muncul anggapan bahwa timnya memainkan sepakbola negatif melawan Barcelona. Dia menyatakan akan tetap mengintruksikan permainan menyerang.

"Bertahan? Itu bertentangan dengan naluri saya. Saya tidak mau memaksakan skor 0-0. Sebab, saya tidak bisa bilang Arsenal adalah tim besar jika hanya bermain bertahan."

"Di sisi lain Barcelona adalah tim yang sangat menyerang, jika Anda tidak mencetak gol melawan mereka Anda juga bersalah."