Arsenal dipaksa untuk menggelar laga replay setelah ditahan imbang tanpa gol ketika menghadapi klub Championship, Hull City dalam FA Cup putaran kelima pada Sabtu (20/2). ​The Gunners tak mampu membobol gawang Hull City pada 90 menit penuh laga ini karena lini pertahanan tim tamu yang tampil dengan sangat rapat dan solid. 

Detil pertandingan

Kedua tim masih berusaha menjajaki kekuatan masing-masing lawan pada menit awal pertandingan, dengan bola yang lebih banyak dimainkan di lini tengah. Namun Hull City mampu memberi ancaman lebih dulu pada menit kelima melalui tembakan Josh Tymon, tetapi usahanya hanya melebar di sisi kiri gawang Ospina. 

Arsenal langsung balas mengancam tidak lama berselang. Mohamed Elneny mempunyai sebuah peluang di dekat kotak terlarang sebelum menit 10, namun tendangan yang ia lesakkan mampu dihalau oleh Alex Bruce. 

Tim tuan rumah lalu berhasil mengkreasikan sejumlah peluang, dan salah satu yang paling mengancam mampu diberikan oleh Danny Welbeck pada menit 14. Tetapi tendangan keras yang ia berikan masih mampu dihalau oleh kiper lawan, Eldin Jakupovic yang bermain dengan sangat sigap. 

Arsenal v Hull City - The Emirates FA Cup Fifth Round

Pada sisa babak pertama, permainan jauh lebih banyak dikendalikan oleh skuat besutan Arsene Wenger tersebut. Meski demikian mereka masih tak mampu membongkar rapatnya lini pertahanan Hull City, dan membuat paruh pertama berakhir dengan skor kacamata. 

Masuk pada babak kedua, kedua kubu memilih guna tetap mempertahankan formasinya dan belum ada pergantian pemain. Arsenal langsung berusaha menggempur lini pertahanan lawan, dengan dua kali peluang yang diciptakan oleh Walcott serta Iwobi. Namun masih belum ada yang mampu membuahkan hasil. 

Arsenal hampir mampu memecahkan kebuntuan pada menit 54 ketika Campbell melesakkan sebuah tendangan bebas dari kaki kirinya. Tetapi peluang tersebut justru mengenai tiang gawang, dan bola rebound yang disambar oleh Flamini justru hanya melebar dari gawang lawan. 

Wenger lantas menurunkan beberapa pemain andalannya dengan menggantikan Campbell dengan Giroud, Welbeck dengan Sanchez, dan Chamberlain dengan Iwobi setelah pertandingan berjalan satu jam karena ia merasa sangat frustasi timnya belum mampu membobol gawang lawan. Tapi tetap tidak ada gol yang berhasil tercipta hingga laga berakhir, dan pertandingan pun berkesudahan dengan imbang tanpa gol. 

Susunan pemain

Arsenal: David Ospina; Chambers, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Gibbs; Mathieu Flamini, Elnenny; Campbell, Iwobi, Danny Welbeck; Theo Walcott

Hull CityJakupovic; Davies, Bruce, Maguire; El Mohamady, Maloney, Meyler, Taylor, Tymon; Powell; Diomande.