Fans Arsenal terus menanti untuk melihat rekrutan anyar tim kesayangan mereka dari FC Basel, yakni Mohamed Elneny. Gelandang berusia 23 tahun direkrut The Gunners di bursa transfer musim dingin ini dengan mahar 5 juta poundsterling, dan berada di bangku cadangan saat melawan Stoke City di Premier League.

Elneny belum memulai debutnya tapi ia diyakini tampil melawan Burnley di putaran empat FA Cup malam ini (30/1) di Emirates Stadium. Dan banyak yang memprediksi permainannya sesuai dengan kriteria Premier League yang sarat akan fisik.

Tapi manajer Arsenal, Arsene Wenger menegaskan bahwa Elneny bukan monster atau pemain yang mengandalkan fisiknya. Wenger percaya fisik tak selamanya menjadi unggulan di sepak bola modern ini.

“Dia (Elneny) bukan monster. Tipikalnya orang timur tengah sangat kelihatan memiliki stamina yang kuat dan sangat rapuh. Terkadang mereka kekurangan kekuatan, jadi dia bukan monster. Dia lebih sebagai pemain yang aktif bergerak dan itu lah mengapa saya pikir dia sesuai dengan permainan kami,” tutur Wenger diberitakan ​Goal, Sabtu (30/1).

“Memenangi perebutan bola tak hanya bergantung kepada kekuatan, tapi juga bergantung momen yang tepat. Yakni teknik. Anda melihat pemain yang berotot kalah dari pemain yang lebih kecil dan kurus, karena pemain yang lebih kecil mampu beraksi di momen yang tepat,” paparnya.

“Teknik sebenarnya adalah tahu kapan harus beraksi. Saya ingat gelandang bertahan kecil yang luar biasa hebat dalam bertahan. Mereka memiliki teknik-teknik yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Pria asal Prancis pun meyakini bahwa Elneny tepat pindah ke Inggris di usianya saat ini. Apalagi saat bermain di Basel ia berpengalaman melawan tim-tim Inggris seperti Chelsea, Manchester United, dan Liverpool.

“Dia berusia 23 tahun dan tiga musim bermain di Basel serta memenangi tiga titel di Swiss. Ia juga bermain melawan tim-tim Inggris seperti Chelsea, Manchester United dan Liverpool. Tahapan berikutnya lebih besar untuknya karena ia meninggalkan Swiss dan bermain di Premier League tidak mudah, tapi usianya tepat untuknya (pindah),” terang Wenger.