Liverpool berhasil meraih tiket pertama babak final League Cup 2016 di Wembley setelah susah payah mengatasi Stoke lewat drama adu penalti. 

Gol Marko Arnautovic di babak pertama membawa skor agregat 1-1 setelah dua leg (Liverpool menang 1-0 di leg pertama). Setelah bermain sepanjang 120 menit, Liverpool pun menuju final lewat aksi heroik Simon Mignolet dan Joe Allen di babak adu penalti.

Dengan hasil ini, Liverpool akan menghadapi Everton atau Manchester City di babak final yang akan diadakan 28 Febuari ini.

Babak Pertama

​Pertandingan ini dimulai dengan tempo yang lambat, dimana peluang pertama laga terjadi di menit ke-21 untuk penyerang Stoke, Jonathan Walters yang melewati jebakan offside Liverpool namun gagal menendang bola tepat sasaran ke gawang Mignolet di situasi satu lawan satu.

Liverpool v Stoke City - Capital One Cup Semi Final: Second Leg

Tidak lama kemudian, tekel keras Marc Muniesa terhadap James Milner pun berbuah kartu kuning untuk Muniesa. Namun Liverpool gagal memanfaatkan tendangan bebas tersebut dengan baik.

Tiga menit sebelum babak pertama berakhir kapten Liverpool Jordan Henderson melepaskan tendangan jarak jauh yang masih menyamping.

Stoke akhirnya meraih keunggulan lewat gol gelandang Austria, Marko Arnautovic di menit ke-45, meskipun video replay menunjukkan bahwa Arnautovic berada di posisi offside saat menerima operan dari Bojan. Gol tetap sah, 0-1 untuk Stoke di half time.

Babak Kedua

Liverpool langsung tampil menyerang di babak kedua dan tendangan voli Roberto Firmino hanya berhasil membentur tiang gawang yang dijaga Jack Butland. Di menit ke-54 giliran Stoke yang menyerang namun tendangan Walters berhasil diblok Sakho di mana gawang Liverpool telah ditinggal kosong oleh Mignolet.

Jurgen Klopp pun kemudian melakukan perubahan dengan memasukkan striker Christian Benteke, menggantikan kapten Jordan Henderson. Sementara itu, Sakho kembali melakukan blok penting terhadap tendangan Walters, sedangkan tendangan Adam Lallana ke gawang Stoke masih melebar.

Memasuki 10 menit terakhir pertandingan, Firmino melepaskan tendangan jarak jauh yang masih melambung ke atas gawang Butland. Klopp pun menurunkan Joe Allen untuk menggantikan Kolo Toure.

Hasil dari laga 90 menit pun berakhir 0-1 untuk Stoke, 1-1 skor agregat, yang secara otomatis memaksa babak perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu

Di menit pertama dari perpanjangan waktu, Liverpool langsung mendapatkan peluang melalui tendangan keras Firmino yang masih dapat diselamatkan oleh Butland. 

Namun menjelang berakhirnya babak pertama perpanjangan waktu, Marco Van Ginkel mendapat peluang emas namun hanya sedikit melebar ke arah kiri gawang Mignolet. Di babak kedua Van Ginkel lagi lagi mendapatkan peluang namun dapat dipatahkan oleh Mignolet. Hasil akhir setelah 120 menit tetap 0-1 untuk Stoke, adu penalti!

Adu Penalti

Di babak adu penalti, Stoke mendapatkan kesempatan mengambil penalti terlebih dahulu, dan Walters pun mencetak gol pertama, disusul Adam Lallana yang juga menjebol gawang. Mantan penyerang Liverpool, Peter Crouch mengambil penalti berikutnya dan berhasil diselamatkan Mignolet. Emre Can menyusul kegagalan Crouch dengan membentur tiang gawang Butland, skor masih 1-1!

Penalti berikut diambil Glenn Whelan dan ia berhasil mengecoh Mignolet. Giliran berikutnya jatuh ke kaki Christian Benteke dan ia berhasil menipu Butland dan menceploskan bola ke arah kanan kiper. Afellay penendang berikutnya dan ia berhasil menembus gawang Mignolet. Roberto Firmino kembali menyamakan kedudukan dengan tendangan akurat.

Tendangan penalti kelima diambil Shaqiri dan ia pun berhasil mengecoh Mignolet, 4-3! Wakil kapten Liverpool James Milner berhasil menyamakan kedudukan. Penendang keenam pun dibutuhkan, dan Van Ginkel mencetak untuk Stoke, dan dibalas oleh Lucas, 5-5! 

Marc Muniesa adalah penendang ketujuh Stoke dan Mignolet kembali berhasil melakukan penyelamatan! Joe Allen pun mendapat kesempatan menjadi pahlawan Liverpool dan Allen mencetak gol untuk mengantar Liverpool ke babak final League Cup di Wembley.

Susunan Pemain

Liverpool: Mignolet; Flanagan (Ibe), Sakho, Toure (Allen), Moreno; Milner, Can, Henderson (Benteke), Lucas, Lallana; Firmino.

Stoke: Butland, Johnson, Muniesa, Wollscheid, Pieters; Whelan, Afellay, Walters, Arnautovic (Shaqiri); Bojan (Adam)(Van Ginkel), Crouch.