Manchester United harus menanti hingga menit 83 kala menjamu Watford di pekan 28 Premier League di Old Trafford, untuk sebuah gol kemenangan yang berbuah tiga poin krusial. Gol yang dilesakkan indah Juan Mata melalui tendangan bebas, melewati pagar betis dan juga kiper The Hornets, Heurelho Gomes.

Mata yang ditunjuk sebagai kapten di laga itu memang jadi pembeda hasil akhir kedua tim. Namun, gol itu bisa saja tidak terjadi jika Louis van Gaal kukuh pada keputusannya untuk mengganti Mata dengan Jesse Lingard.

Keputusan itu sudah ada di benak pikiran manajer United, kala Red Devils masih buntu mencetak gol, dan masuknya Lingard diharap dapat meningkatkan daya gedor tim. Namun Van Gaal akhirnya memutuskan untuk mengganti Ander Herrera ketimbang Mata, dan insting itu terbukti jitu.

“Memang benar (ingin mengganti Mata dengan Lingard), karena dia (Mata) jalan pincang saat itu, tapi kami ada di momen yang lebih baik jadi saya tak ingin menggantinya lagi,” ungkap Van Gaal di ​Manchester Evening, Kamis (3/3).

“Saya biarkan Lingard berlari karena saya harus mengganti bentuk permainan tim, dan memainkan Martial di posisi penyerang dan pada saat itu kami berada di bentuk permainan yang lebih baik. Jadi setelahnya saya tak ingin menggantinya lagi, dan kemudian dia mencetak gol, saya saya sangat bahagia membiarkannya bermain,” lanjutnya.

“Saya memang ingin menggantinya, tapi kemudian saya tidak menginginkannya lagi. Itu keberuntungan saya, karena Mata mencetak gol,” lanjutnya.

Tripoin ini merupakan dua kemenangan beruntun United di Premier League, setelah sebelumnya menang 3-2 dari Arsenal. Enam poin dari dua laga itu membawa United mengoleksi poin sama dengan Manchester City yang ada di peringkat empat, alias zona Champions League dengan 47 poin setelah City kalah 0-3 dari Liverpool di Anfield.

City sendiri juga memiliki satu laga tunda melawan Newcastle United. Sementara bagi United kemenangan ini akan jadi modal positif mereka saat bertandang ke Hawthorns, markas West Bromwich Albion pada pekan 29 Premier League yang berlangsung Minggu, 6 Maret 2016 malam WIB.