Manchester United menjaga tren baik dan meraih empat kemenangan beruntun, setelah mengatasi perlawanan Watford di Old Trafford dengan skor 1-0. Tripoin dari pekan 28 Premier League itu melanjutkan tiga kemenangan Setan Merah sebelumnya, atas Shrewsbury Town (3-0), FC Midtjylland (5-1), dan Arsenal (3-2).

United pun kini mengoleksi poin yang sama dengan City yang kalah 0-3 dari Liverpool di Anfield, dan sama-sama mengoleksi 47 poin. Namun City masih menyisakan satu laga tunda melawan Newcastle United.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Setelah meraih tiga kemenangan beruntun, United kembali diperkuat Anthony Martial yang langsun turun sebagai starter. Manajer tim, Louis van Gaal juga telah kembali diperkuat Matteo Darmian yang berada di bangku cadangan.

Striker belia United, Marcus Rashford juga diturunkan Van Gaal bersama pemain muda lainnya seperti Memphis Depay, Timothy Fosu-Mensah, dan Guillermo Varela.

Sedangkan di kubu tim tamu asuhan Quique Sanchez Flores. Odion Ighalo turun di lini depan bersama Troy Deeney dalam formasi 4-4-2, mereka ditopang sejumlah nama beken di sepak bola Eropa seperti Valon Behrami, Miguel Britos, Sebastian Prodl, dan Etienne Capoue.

Manchester United v Watford - Premier League

Watford sempat melakukan start yang baik di awal laga saat coba menyerang pertahanan Unitedd yang digalang duo Belanda, Daley Blind dan Fosu-Mensah. Namun setelah serangan di awal laga, tim tuan rumah ganti mengepung pertahanan Watford.

Martial memiliki satu peluang nyata saat coba menyambut umpan lambung Ander Herrera via tandukkan kepalanya, namun striker Timnas Prancis tak mampu mengonversinya jadi gol dan bola melebar di kiri gawang Heurelho Gomes.

20 menit pertandingan berlangsung kedua tim memiliki peluangnya masing-masing. Watford kerap mengancam dari serangan balik, kala merebut bola dari penguasaan bola United dengan pressing tinggi. Sementara tim tuan rumah menyerang dengan penguasaan bola.

United punya peluang via sepakan first time Morgan Schneiderlin yang menanti timing tepat kala bola jatuh ke bawah. Sepakannya melewati Gomes, tapi bergulir tipis di kanan gawang Watford. Skor masih kacamata.

Duet penyerang Watford jadi ancaman konstan pertahanan tim tuan rumah, ketika Watford melancarkan serangan balik. Mereka juga coba memanfaatkan kartu kuning yang telah didapat Fosu-Mensah, untuk terus memberikannya tekanan.

Watford juga solid bertahan dan mampu menjaga skor tetap 0-0 hingga 35 menit laga berlangsung. Rashford juga belum mendapatkan peluangnya, terisolasi dari umpan rekan setimnya.

Tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Dan United ‘sedikit’ beruntung tidak kebobolan oleh gol dari Watford, pasalnya tim tamu punya banyak peluang nyata yang sedianya mampu menjadi gol via kaki Ighalo.

Namun penyerang asal Nigeria itu tidak tenang dalam penyelesaian akhir, dan tidak peka dalam melihat pergerakan rekan setimnya. Van Gaal harus segera membenahi pertahanan timnya, karena lini belakang United terlihat rapuh di babak pertama ini.

Babak Kedua

Tak ada pergantian pemain yang dilakukan masing-masing manajer di awal babak kedua ini. Watford yang tidak menguasai penguasaan bola, kembali bermain efektif dalam menciptakan peluang.

United baru punya kesempatan pertama untuk menguji Gomes pada menit 60. Varela memberi bola kepada Mata, yang melepaskan tembakan spekulasi tepat sasaran ke gawang Watford. Bola namun ditepis Gomes.

Setelah peluang itu, United bak mendapat suntikan semangat baru dan langsung menaikkan tempo serangan. Old Trafford pun bergemuruh kencang, memberikan dukungan kepada tim kesayangannya.

Pergantian pemain baru dilakukan manajer di menit 70. Flores memasukkan Mario Suarez menggantikan Almen Abdi, Suarez merupakan gelandang jangkar perebut bola dan dimasukkan dengan maksud memperkuat lini tengah serta pertahanan tim.

Sementara Van Gaal mengganti Marcos Rojo dengan Darmian. Di tengah jadwal padat, Van Gaal tak ingin Rojo kembali cedera dan mengistirahatkannya di pertandingan ini.

Flores kembali mengganti pemainnya di menit74. Ighalo ditarik keluar dan digantikan oleh penyerang sayap, Nordin Amrabat.

Mantan pemain Malaga itu mengubah formasi Watford menjadi 4-2-3-1, menyisakan Deeney di depan sebagai penyerang tunggal. Flores ingin memperkuat lini tengah, melakukan serangan balik dan paling tidak mengamankan satu poin dari laga ini.

Skor masih kacamata hingga menit 80, Van Gaal juga memasukkan Jesse Lingard menggantikan Herrera. Momen menegangkan untuk kedua tim, karena satu gol akan sangat menentukan di laga yang berlangsung ketat ini.

Gol yang ditunggu publik tuan rumah pun akhirnya tercipta di menit 83. Berawal dari pelanggaran Britos kepada Martial, bola tendangan bebas dieksekusi Mata dengan baik tepat di kanan gawang Watford yang tidak dapat diraih Gomes. 1-0 untuk United.

Pergantian pemain cerdas dilakukan Van Gaal memasukkan Paddy McNair pada menit 89, agar timnya mampu mengamankan tiga poin. Dan strategi itu terbukti sukses, karena United mampu menjaga keunggulan 1-0 hingga akhir laga.

Susunan Pemain:

Manchester United: David de Gea; Timothy Fosu-Mensah, Marcos Rojo (Matteo Darmian 70’), Daley Blind, Guillermo Varela; Ander Herrera (Jesse Lingard 77’), Morgan Schneiderlin, Memphis Depay, Juan Mata (Paddy McNair 89’), Anthony Martial; Marcus Rashford

Watford: Heurelho Gomes,; Allan Nyom, Sebastian Prodl, Miguel Britos, Jose Holebas; Valon Behrami (Anya 85’), Etienne Capoue, Ben Watson, Almen Abdi (Mario Suarez 70’); Odion Ighalo (Nordin Amrabat 74’), Troy Deeney