Liverpool sukses membantai Manchester City ketika keduanya berduel pada pertandingan matchday 28 Premier League di Anfield Stadium dengan skor akhir tiga gol tanpa balas pada Kamis (3/3) dini hari WIB. ​

Hasil ini juga seakan menjadi misi balas dendam yang berjalan sempurna bagi Liverpool, usai sebelumnya dikalahkan oleh Manchester City pada babak final League Cup melalui drama adu penalti. 

Detil pertandingan

Permainan terbuka ditunjukkan oleh kedua tim sejak menit pertama laga berjalan. Seperti halnya pada duel pada babak final League Cup, Liverpool mencoba untuk menguasai jalannya pertandingan. 

Namun Manchester City lah yang lebih dahulu memberikan sebuah percobaan melalui sundulan dari Fernandinho dengan menyambut operan lambung dari David Silva. Namun usahanya kali ini masih belum menemui sasaran karena bola masih tetap melambung. 

Manchester City kembali melancarkan sebuah tusukan cepat pada menit 28, dan kali ini melalui sisi kiri lapangan. Raheem Sterling melakukan sebuah aksi memotong ke tengah serta melepaskan sebuah tembakan keras, namun tendangannya hanya mengarah pada sisi kiri gawang Mignolet. 

FBL-ENG-PR-LIVERPOOL-MAN CITY

Liverpool pada akhirnya berhasil memecahkan kebuntuannya pada menit 34 usai mereka melancarkan sebuah serangan dari sisi kanan lapangan. James Milner memberi sebuah operan pada Lallana, yang lalu bergerak mendekati kotak terlarang lawan tanpa kawalan yang ketat. Ia lantas melepaskan sebuah tendangan kaki kiri mendatar yang pada akhirnya berakhir pada sudut kanan gawang Joe Hart. 

Enam menit berselang, Liverpool melancarkan serangan yang lain yang berhasil menjadi gol kedua mereka. Lallana memberikan bola dengan tumitnya pada Firmino, yang lantas diteruskan dengan sebuah umpan mendatar pada Milner di tengah kotak terlarang. Milner lalu menyontek bola ke sudut kanan bawah gawang tim tamu. Gol ini sekaligus menjadi gol terakhir pada paruh pertama, dan membuat Liverpool unggul 2-0 atas Manchester City. 

Liverpool v Manchester City - Premier League

Liverpool sukses mengawali babak kedua dengan sangat baik, bahkan mereka juga mampu memperoleh gol ketiganya pada menit 57. Gol ketiga The Reds kali ini terjadi usai Roberto Firmino memperoleh sebuah umpan matang dari Adam Lallana. Firmino yang tak memperoleh kawalan langsung menceploskan bola dengan mudahnya ke gawang The Citizens. Keunggulan menjadi tiga gol tanpa balas bagi Liverpool atas Manchester City. 

James Milner kembali mengobrak-abrik lini pertahanan tim tamu di menit 63. Namun tembakan yang ia lancarkan kali ini hanya mampu menghasilkan sebuah tendangan gawang bagi pihak tim tamu. 

Masuk pada menit 68, tensi pertandingan menjadi meningkat. Hal ini terjadi karena Adam Lallana dan Navas terlibat dalam sebuah insiden pertengkaran serta memancing emosi sejumlah pemain yang lain. 

Tak lama berselang, Aguero mencoba untuk melakukan aksi solo run, tetapi bola yang berhasil ia kuasai lebih dulu berhasil disapu oleh Kolo Toure. Kondisi ini pada akhirnya sukses membuat gawang Liverpool kembali aman. Hingga sisa pertandingan, tidak ada gol lain yang berhasil diciptakan oleh kedua kubu, dan membuat Liverpool mengemas tiga poin dalam laga kandangnya kali ini. 

Susunan pemain

Liverpool: Simon Mignolet; Nathaniel Clyne, Kolo Toure, Dejan Lovren, John Flanagan; James Milner, Emre Can, Jordan Henderson; Adam Lallana, Divock Origi, Roberto Firmino

Manchester City: Joe Hart; Pablo Zabaleta, Nicolas Otamendi, Vincent Kompany, Gael Clichy; Fernando, Fernandinho; Jesus Navas, David Silva, Raheem Sterling; Sergio Aguero