Thứ Ba, 1 tháng 3, 2016

5 Hal yang Dapat Dipelajari dari Laga Chelsea Melawan Norwich

Chelsea terus menunjukkan kebangkitannya usai terpuruk di era Jose Mourinho, di bawah arahan manajer interim, Guus Hiddink. Di Premier League posisi mereka naik ke peringkat delapan dengan 39 poin, dan kembali meraih kemenangan di pekan 28.

The Blues menang 2-1 di Carrow Road, markas Norwich City dengan dua gol kemenangan Kenedy dan Diego Costa, yang hanya bisa diperkecil dengan gol Nathan Redmond di babak kedua.

Tren positif Chelsea ini hanya bagian kecil dari hal-hal yang dapat dipelajari dari pertandingan tersebut. Masih ada lima hal lain yang dapat menjadi pelajaran, apa sajakah itu?

5. Hiddink Seharusnya Jadi Manajer Permanen

FBL-ENG-PR-NORWICH-CHELSEA

Wajar saja jika fans Chelsea dan pemain mereka ingin Hiddink jadi manajer tetap, ketimbang statusnya yang saat ini hanya sebagai manajer sementara hingga akhir musim. Raihan Chelsea bersama Hiddink sangat baik sejauh ini.

Pria asal Belanda mengangkat kembali kepercayaan diri pemain Chelsea dan memenangi tiga laga beruntun setelah menang dari Norwich. Terakhir kali Chelsea memenangi tiga laga beruntun, terjadi pada April 2015.

Alhasil posisi Chelsea terus naik di papan klasemen dan jika terus mempertahankan momentum ini, sementara tim di atasnya tidak konsisten bermain hingga akhir musim. Bisa jadi Chelsea menciptakan keajaiban dan mengakhiri musim di zona Eropa.

4. Diego Costa Kembali “Ganas”

FBL-ENG-PR-NORWICH-CHELSEA

Sebelumnya Costa dikenal ganas karena beringas menghadapi bek-bek lawan dengan provokasinya. Namun belakangan ini eks striker Atletico Madrid juga kembali ganas, kala merobek gawang lawan.

Golnya ke gawang Norwich merupakan gol kedelapannya dari 10 laga terakhir bersama Hiddink di Chelsea, dan memberikan empat assist. Berbanding terbalik di era Mourinho di mana ia mencetak tiga gol dan satu assist dari 13 laga bersama Chelsea.

Hiddink benar-benar mengembalikan performanya, dan menjadi nilai positif bagi Vicente del Bosque agar Costa bisa kembali memperkuat Timnas Spanyol di Euro 2016

3. Masalah untuk Norwich

Norwich City v Chelsea - Premier League

Alex Neil wajib mengubah pendekatan gaya bermain timnya, agar lebih langsung menyerang pertahanan lawan, karena memiliki kualitas untuk melakukannya. Hal itu harus dilakukannya agar Norwich bisa bertahan di Premier League untuk musim depan.

Pasalnya The Canaries saat ini turun ke peringkat 18 dengan koleksi 24 poin. Dan Norwich mungkin akan menyesali beberapa peluang emas ke gawang Chelsea, yang urung berbuah gol kala Cameron Jerome mendapatkannya.

Norwich hanya meraih satu poin dari delapan pertandingan terakhir di Premier League. Jelas bukan hal yang bagus, Norwich dalam masalah jika tak mampu membenahinya.

2. Gol Kilat Kenedy Mengejutkan Norwich

FBL-ENG-PR-NORWICH-CHELSEA

Bisa jadi Hiddink atau Neil belum duduk di bangku area teknis saat Kenedy mencetak gol kilat. Pertahanan Norwich bak belum ‘panas’ kala Kenedy merangsek ke depan, melewati satu pemain dan dengan kaki kirinya merobek gawang John Ruddy.

Gol pemain asal Brasil itu merupakan gol tercepat musim ini, sebagaimana kicauan yang diberikan akun Twiter @OptaJoe.

“Kenedy mencetak gol setelah 39 detik melawan Norwich, gol tercepat Premier league musim ini. Super cepat,” kicau @OptaJoe.

1. Hiddink Tak Ragu Beri Kesempatan untuk Pemain Muda

Norwich City v Chelsea - Premier League

Jadwal padat saat ini boleh saja jadi alasan klub-klub banyak memainkan pemain muda, menghindarkan pemain senior dari potensi cedera akibat kelelahan. Tapi hal yang dilakukan Hiddink tetap patut mendapat apresiasi lebih.

Berbeda dengan Mourinho yang lebih banyak memainkan pemain muda saat Chelsea unggul atau di laga yang sudah tidak berpengaruh lagi. Hiddink berani memainkan Kenedy (20 tahun) dan Bertrand Traore (20 tahun), memadukannya dengan pemain senior kala melawan Norwich.

Keduanya pun tampil cukup baik mengimbangi rekan setimnya, dan hal itu melegakan fans Chelsea. Bahwa mereka juga memiliki pemain-pemain muda yang tidak kalah bagusnya, dengan Liverpool atau Manchester United.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét