Undian 16 besar Europa League telah rampung selesai dilakukan dan salah satu hasil undian itu mempertemukan dua klub bersejarah Inggris, Liverpool kontra Manchester United. Liverpool akan terlebih dahulu menjadi tuan rumah pada leg pertama yang berlangsung 11 Maret 2016, dan leg kedua berlangsung di Old Trafford pada 18 Maret 2016.

Pertemuan dua rival bebuyutan itu pun ditanggapi oleh legenda Liverpool, Steve McManaman. Ia menilai pertandingan North West Derby akan mengangkat pamor Europa League, setelah banyak orang lebih sering melihat laga tersebut di kompetisi yang berlangsung di Inggris.

“Ini (laga Liverpool kontra United) merupakan laga yang luar biasa hebat untuk 16 besar Europa League. Liverpool melawan Manchester United selalu jadi laga besar di manapun mereka bermain, apakah itu tim U21 atau tim muda,” ucap McManaman di ​Goal, Sabtu (27/2/2016).

“Fakta bahwa mereka bertanding di malam hari di Eropa saya pikir akan sangat luar biasa hebat. Laga itu akan jadi sorotan dan mengangkat kompetisi Europa League secara keseluruhan,” lanjutnya.

McManaman juga menilai laga Reds melawan Red Devils itu tak kalah hebatnya dengan turnamen yang disebut-sebut kasta pertamanya turnamen antarklub Eropa, Champions League.

“Semuanya, tanpa mengurangi rasa hormat dengan Europa League, membicarakan Champions League tapi sekarang di 16 besar Europa League ada tim-tim besar yang bertarung dan akan menarik perhatian banyak orang,” imbuh pria yang bermain di Liverpool pada kurun waktu 1990 hingga 1999 itu.

Sebagai penutup McManaman sedianya berharap klub-klub Inggris melaju lebih jauh di Europa League. Namun hal itu urung terjadi dengan adanya pertemuan Liverpool kontra United, sementara perwakilan Negeri Ratu Elizabeth lainnya, Tottenham Hotspur melawan lawan berat, Borussia Dortmund.

“Saya terluka karena saya benar-benar ingin melihat semua tim Inggris melaju. Saya suka tim-tim Inggris melaju di Eropa karena saya pikir itu penting, dan faktanya salah satu tim akan tersingkir sedikit menyedihkan, karena koefisien (Inggris) itu sangat penting,” pungkas McManaman.