Pekan 27 Premier League menghadirkan pertemuan dua klub besar Inggris, Manchester United dengan Arsenal yang akan bertemu di Old Trafford, Minggu 28 Februari 2016 malam WIB.

Kemenangan sudah tentu jadi misi wajib menang Setan Merah dan juga Meriam London, sama sekali tidak ada alasan bagi kedua tim untuk merelakan tiga poin. Apalagi ada alasan-alasan tertentu mengapa kedua tim wajib meraih kemenangan, apa saja alasan tersebut?

1. Manchester United

FBL-EUR-C3-MAN UTD-MIDTJYLLAND

Faktor utama mengapa United wajib memenangi laga melawan Arsenal adalah kans untuk mengakhiri musim di empat besar atau zona Champions League. Inkonsistensi masih jadi pekerjaan rumah Louis van Gaal saat ini, dan hanya kemenangan yang akan membangkitkan kepercayaan diri Chris Smalling dan kawan-kawan.

Tak hanya itu. United juga masih terbayang luka kekalahan pahit 0-3 di Emirates Stadium pada awal musim ini, hasil yang mengakhiri kutukan buruk skuad Arsene Wenger yang tidak pernah menang kontra United di enam pertandingan terakhir. Red Devils jelas ingin membalas luka itu dengan kemenangan meyakinkan di depan publiknya sendiri.

Van Gaal juga punya kesempatan besar untuk kembali mendapatkan kepercayaan fans dan media, hingga isu pemecatan dirinya yang akan digantikan Jose Mourinho berangsur sirna.

Pria asal Belanda membawa United menang dua kali beruntun dengan skor telak 3-0 kala melawan Shrewsbury Town di FA Cup, serta 5-1 kontra FC Midtjylland di Europa League. Kemenangan meyakinkan akan Arsenal tentu akan membangkitkan gairah fans yang berharap United menyelesaikan musim dengan baik.

2. Arsenal

FBL-ENG-FACUP-ARSENAL-BURNLEY

Puasa trofi Premier League sejak 2004 seharusnya menjadi motivasi yang cukup kuat bagi Arsenal, sebelum melawan United di Teater Impian. The Gunners punya kesempatan mengakhiri puasa gelar itu musim ini, karena tim-tim seperti Chelsea, City, United, dan Liverpool tidak konsisten bermain.

Apalagi Per Mertesacker dan kawan-kawan hanya bersaing ketat dengan dua tim yang tidak memiliki pengalaman bertarung merebutkan titel Premier League, seperti Leicester City dan Tottenham Hotspur. Arsenal hanya berjarak dua poin dari Leicester di puncak klasemen, dan memiliki poin yang sama dengan Spurs.

Selain bertarung dalam perebutan titel, Arsenal juga tentunya ingin mencari penawar luka setelah kalah 0-2 dari Barcelona di leg pertama 16 besar Champions League di Emirates Stadium. Kompetisi dan turnamen lokal (FA Cup) akan jadi fokus utama mereka saat ini, dan dimulai dalam misi mencari tiga poin dari Old Trafford.

Kemenangan juga akan memberi keyakinan pada Wenger bahwa timnya memiliki kualitas mumpuni untuk melawan klub besar, dan juga menegaskan bahwa Arsenal telah mengakhiri mimpi buruknya saban mentas melawan United. Jika kembali menang, maka statistik mencatat bahwa United tak bisa mengalahkan Arsenal musim ini.