​Pelatih Bayern Muenchen asal Spanyol, Pep Guardiola, menyampaikan permintaan maaf atas pernyataannya yang menyebutkan Premier League sebagai destinasi kariernya untuk musim 2016/17 setelah memutuskan meninggalkan Bayern Munchen akhir musim 2015/16 ini.

Pernyataan Pep Guardiola pun membuat sejumlah klub Premier League dikabarkan bersaing untuk mendapatkan jasanya, beberapa di antaranya adalah Manchester United, Manchester City, dan Chelsea. Spekulasi itu pun mau tak mau membuat manajer di masing-masing klub terancam posisinya.

Atas dampak yang sudah terlanjur terjadi karena pernyataannya ingin melatih di Premier League, Pep pun merasa perlu meminta maaf secara terbuka. 

Kritikan atas pernyataan Pep juga diungkapkan eks pesepak bola top Inggris, Alan Shearer, yang menilai pelatih yang sukses besar bersama Barcelona itu telah melanggar etika keprofesian.

"Saya minta maaf. Biasanya dalam karir saya sebagai pelatih dan sebagai pemain, saya sangat menghormati rekan-rekan saya. Jadi saya minta maaf. Itu bukan maksud saya," kata Guardiola dilansir ​Sky Sports.

"Saya akan mengungkapkan klub baru saya setelah saya telah benar-benar menandatangani kontrak. Saya belum berbicara dengan pemain tentang karier saya ke Inggris. Kami hanya berbicara tentang sepak bola. Tapi, mereka semua sudah tahu."